Kompas TV regional berita daerah

Peringati Hari Santri, Mahasiswa UIN KHAS Jember Kuliah Sarungan

Kompas.tv - 24 Oktober 2023, 20:42 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Mahasiswa dan dosen Universitas Islam Kiai Achmad Siddiq atau UIN KHAS Jember Jawa Timur kuliah dengan memakai sarung. Hal itu dilakukan untuk memperingati hari santri nasional.

Ada pemandangan berbeda di perkuliahan kampus UIN KHAS Jember, pada Senin (23/10/2023). Para mahasiswa dan dosen biasanya memakai celana. Namun kali ini, mereka memakai sarung dan songkok layaknya santri di pondok pesantren. Hal ini dilakukan untuk memperingati hari santri nasional yang dirayakan setiap tanggal 22 Oktober.

Rektor UIN KHAS Jember, Hepni Zein mengatakan bahwa pakaian sarung dan songkok menjadi simbol karakter kesantrian, yakni ikhlas, sederhana, mandiri dan penuh persaudaraan.

Berpakaian ala santri juga untuk menumbuhkan nasionalisme dan patriotism sebagaimana yang dicontohkan KH Hasyim Asyari saat melawan penjajahan.

Baca Juga: UIN KHAS Jember Gelar Kirab Santri, Mahasiswa dan Dosen Bersarung

UIN KHAS Jember juga menggelar apel hari santri dan kirab santri pada hari Minggu dan Senin. Kegiatan itu untuk memeriahkan peringatan hari santri tahun 2023 yang bertema jihad santri jayakan negeri.

 

#UinKhasJember #HariSantri #KuliahSarungan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x