Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Info Gunung Slamet Terkini: Warga Sebut Ada Gemuruh dan Suara seperti Petir

Kompas.tv - 24 Oktober 2023, 20:56 WIB
info-gunung-slamet-terkini-warga-sebut-ada-gemuruh-dan-suara-seperti-petir
Ilustrasi Gunung Slamet. Ini update Gunung Slamet setelah dinyatakan berstatus Waspada pada Kamis (19/10/2023) (Sumber: bpbd.probolinggo.go.id)
Penulis : Dian Nita | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sejak naik status menjadi waspada, aktivitas Gunung Slamet di Jawa Tengah, menjadi perhatian masyarakat. Sejumlah warga mengaku mendengar suara gemuruh yang diduga berasal dari aktivitas Gunung Slamet.

Dilansir laman Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Gunung Slamet masuk daftar gunung api di Indonesia dengan aktivitas di atas normal, dan berstatus level II (waspada).

Suara gemuruh sempat didengar sejumlah warga desa di wilayah Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, pada beberapa hari terakhir.

Kepala Desa Kemutug Kidul, Kecamatan Baturraden, Kardi Daryanto mengaku beberapa kali mendengar suara gemuruh sejak Gunung Slamet dinyatakan waspada.

Baca Juga: Aktivitas Vulkanik Gunung Slamet Meningkat, Tidak Ada Hujan Abu Tetap Waspada

"Tadi pagi dan kemarin sore juga ada suara gemuruh dari arah Gunung Slamet," kata Kardi, Selasa (24/10/2023).

Selain suara gemuruh, kata dia, juga ada suara seperti petir dari Gunung Slamet yang berada di sisi utara Desa Kemutug Kidul.

Hal senada diungkapkan Kepala Desa Karangtengah, Kecamatan Baturraden, Barkah Pujianto, yang wilayahnya berjarak sekitar 12 km dari puncak Gunung Slamet.

"Ada suara gemuruh, tapi tidak sesering pada tahun 2014 (saat itu Gunung Slamet berstatus siaga)," ujar Barkah, dikutip dari Kompas.com.



Sumber : Kompas TV, Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x