Kompas TV regional papua maluku

Prajurit TNI AD Salurkan Air Bersih Langsung ke Rumah Warga Tampa Garam I Sorong

Kompas.tv - 23 Oktober 2023, 19:55 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

SORONG, KOMPAS.TV - Tidak semua warga yang tinggal di daerah pesisir bisa menikmati hidup dengan berkelimpahan air bersih. Salah satunya penduduk di Jalan Panjaitan Kelurahan Tampa Garam Satu, Distrik Maladumes Kota Sorong, Papua Barat Daya. Selama puluhan tahun mereka sulit mendapatkan air bersih.

Biasanya warga setempat mengambil air bersih pada mata air dengan waktu tempuh hingga mencapai dua jam, dan harus menggunakan perahu, bahkan jika mendapatkan gelombang warga ini harus mendorong perahu ke tempat lebih aman, agar bisa memperoleh air untuk kebutuhan hidup sehari-hari, seperti memasak, mandi hingga mencuci pakaian dan lainnya.

Lewat program TNI AD manunggal air kini warga setempat sudah bisa menikmati air bersih langsung ke rumah masing-masing. TNI angkatan darat membangun tujuh titik air bersih di Kota Sorong, dengan menggunakan metode gratifikasi, pompa hidram dan pengeboran.

Hingga saat ini Kostrad sudah mengerjakan TNI AD manunggal air di 793 titik dengan jumlah penerima manfaat mencapai ribuan jiwa. Untuk wilayah Papua sudah dibangun 40 titik air, yang dikerjakan oleh prajurit kostrad terlatih yang berkolaborasi dengan masyarakat dan aparat setempat.

Diharapkan dengan bantuan air bersih dan sarana MCK oleh TNI Angkatan Darat, masyarakat lebih sejahtera dan bisa hidup sehat. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x