Kompas TV regional bali nusa tenggara

Rahina Tumpek Uye Bupati Suwirta Bagikan Pupuk Organik ke Sejumlah Subak

Kompas.tv - 23 Oktober 2023, 08:54 WIB
rahina-tumpek-uye-bupati-suwirta-bagikan-pupuk-organik-ke-sejumlah-subak
Pemberian bantuan pupuk organik sebagai salah satu langkah dalam mewujudkan pertanian organik (Sumber: Kompas TV Dewata, Pemkab Klungkung)
Penulis : KompasTV Dewata

KLUNGKUNG, KOMPASTV - Usai melaksanakan persembahyangan bersama di Pura Ulunsuwi Br. Lebah, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta melanjutkan rangkaian Rahina Tumpek Uye  dengan penyerahan bantuan pupuk organik produksi TOSS Center Gema Santi, Kusamba kepada sejumlah subak di Kecamatan Klungkung Daratan, Sabtu (21/10)

Diawali di Subak Desa Tangkas, Subak Yeh Hee desa Gelgel dan Subak Pegatepan Desa Jumpai Kecamatan Klungkung, kemudian dilanjutkan ke subak Sampalan Dlod Margi Desa Sampalan Kecamatan Dawan. Dimasing masing  subak ini diserahkan sebanyak 2 ton Pupuk Organik.

Pembagian pupuk organik produksi TOSS Center Gema Santi (Sumber: Kompas TV Dewata, Pemkab Klungkung)

"Pembagian pupuk organik pada hari raya tumpek uye ini bermakna bahwa kita ingin menghidupkan unsur hara yang akan dapat menyuburkan tanah tanah persawahan. Biasanya dengan pupuk kimia unsur hara akan pergi atau bahkan mati, namun dengan pupuk organik ini unsur hara akan hidup dan membantu proses penyuburan dan penggemarnya tanah secara alami." Ujar Bupati Suwirta didampingi Ketua DPRD Klungkung Anak Agung Gde Anom dan Kadis LHP Ketut Suadnyana.

Lebih lanjut Bupati Suwirta menjelaskan. Pemberian bantuan pupuk organik ini adalah sebagai salah satu langkah dalam mewujudkan pertanian organik. Pupuk yang dibagikan secara gratis ini akan mampu mengurangi ongkos produksi pertanian  sehingga diharapkan hasil pertanian organik akan mempunyai harga yang tidak mahal dan bisa dinikmati semua kalangan.

Dengan teknologi osaki, pupuk organik akan terus diproduksi di TOSS  Center maupun TOSS Desa dan akan disalurkan secara gratis kepada petani yang ingin mewujudkan pertanian organik.

 "Kepada masing masing Klian Subak, saya minta pupuk ini digunakan di satu lahan saja lebih dulu, untuk selanjutnya ditanami bawang atau produk pertanian lainnya, lahan ini nantinya akan disuplay pupuk secara konsisten sehingga tanahnya semakin subur dan bisa menjadi contoh bagi pertanian lainnya bahwa dengan pupuk organik hasilnya akan lebih baik ," pinta Bupati yang akan segera mengakhiri masa jabatannya pada 3 November 2023 nanti.

Sementara itu Kabag Tata Pemerintahan dan Kesra Komang Widyasa Putra melaporkan kegiatan perayaan Tumpek Uye tidak hanya dirayakan dengan persembahyangan bersama di Pura Ulun Suwi, namun juga diisi dengan berbagai kegiatan, yakni bersih bersih lingkungan sungai, saluran air di masing masing subak; Penyerahan bantuan pupuk kompos hasil olahan TOSS Center Gema Santi, Kusamba, Penaburan pupuk kompos dlahan pertanian pasca panen meggunakan pupuk organik serta penanaman pohon Ketapang dan Tabebuya.

 

 

#pertanian #pupukorganik #klungkung #bupati



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x