Kompas TV regional berita daerah

Rehabilitasi Mangrove Pasca Bencana

Kompas.tv - 19 Oktober 2023, 21:40 WIB
Penulis : KompasTV Palu

PALU, KOMPAS.TV - Pemerintah bersama pemerhati lingkungan terus melakukan rehabilitasi mangrove pasca bencana. 3 kelurahan difokuskan menjadi lokasi penanaman bakau.

Dinas Lingkungan Hidup Kota Palu, terus berkoordinasi dengan DLH Provinsi Sulawesi Tengah dan pemerhati lingkungan pesisir untuk memelihara dan merehabilitasi tanaman bakau di pesisir teluk Palu.

Sekitar 5 hektar disiapkan untuk penanaman mangrove. Ada lebih dari 5000 bakau telah hidup sejak ditanam empat tahun lalu pasca bencana tsunami yang melanda pesisir teluk Palu.

Pemeliharaan pun dilakukan sembari memantau pertumbuhan bakau yang dicanangkan sebagai penghalang (barrier) abrasi pantai atau bencana tsunami. Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Ibnu Mundzir bilang 3 kelurahan di sebelah utara Kota Palu menjadi lahan penanaman bakau.

Masih rendah nya pengetahuan manfaat mangrove membuat beberapa kali masih ada yang merusak tanaman yang ditanam di pesisir teluk Palu itu. Hempasan sampah plastik juga masih menjadi musuh tanaman bakau untuk bertumbuh. Ketika air pasang sampah plastik sering tersangkut ke dahan bakau yang baru tumbuh.

#Mangrove #Bakau #Rehabilitasi 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x