Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Imbas Kereta Anjlok di Kulon Progo Yogyakarta, KAI Setop Sementara KA Bandara YIA

Kompas.tv - 17 Oktober 2023, 22:35 WIB
imbas-kereta-anjlok-di-kulon-progo-yogyakarta-kai-setop-sementara-ka-bandara-yia
Warga berkumpul di dekat lokasi anjloknya Kereta Api (KA) Argo Semeru di Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa (17/10/2023). (Sumber: KOMPAS TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Vyara Lestari

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - PT Kereta Api Indonesia (Persero) PT KAI menyetop sementara operasional kereta api bandara Yogyakarta International Airport (YIA) akibat insiden anjloknya KA Argo Semeru yang juga terserempet KA Argo Wilis pada Selasa (17/10/2023).

"Pembatalan perjalanan ini dilaksanakan guna menjaga keselamatan dan keamanan perjalanan kereta, KAI Bandara mohon maaf atas ketidaknyamanannya," kata Humas KAI Bandara Diah Suryandari melalui keterangan tertulis, Selasa malam.

Diah menerangkan, pembatalan perjalanan sementara KAI Bandara YIA berlaku di seluruh jadwal perjalanan hingga jalur pada lintas tempat terjadinya kereta anjlok tersebut dapat dilalui kembali. 

“Bagi pengguna KA Bandara YIA yang sudah memiliki tiket perjalanannya dapat melakukan pembatalan tiket KA atau bea pengembalian 100 persen di stasiun KA Bandara YIA atau mengirimkan data pengguna ke email: [email protected]," ungkap Diah.

Ia pun menyarankan, penumpang yang sudah memiliki tiket KA Bandara YIA keberangkatan Rabu (18/10/2023) untuk menggunakan moda transportasi lain.

"Kami sarankan untuk dapat menggunakan alternatif moda transportasi lainnya hingga ada informasi lebih lanjut,” jelasnya.

Baca Juga: Kronologi Kecelakaan Kereta Anjlok di Kulon Progo Yogyakarta Menurut Dirjen Perkeretaapian Kemenhub

Sebagaimana telah diberitakan sebelumnya, pada Selasa siang pukul 13.15 WIB, rangkaian kereta api (KA) Argo Semeru dengan nomor registrasi KA 17 rute Surabaya Gubeng - Gambir anjlok di petak lintas antara Stasiun Sentolo - Wates KM 520+4, Kulon Progo, DIY.

Selang beberapa waktu kemudian, pada pukul 13.25 WIB, rangkaian KA 6 Argo Wilis datang dari arah barat dan menemper rangkaian KA Argo Semeru. 

Akibat insiden tersebut, rel tempat kejadian tidak dapat dilalui KA dari kedua arah.


Berdasarkan keterangan dari Tim Kesehatan PT KAI Daop 6 Yogyakarta, empat orang mengalami luka-luka akibat insiden kereta anjlok ini dan dilarikan ke Rumah Sakit Umum (RSU) Queen Latifa Wates, Kulon Progo.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x