Kompas TV regional berita daerah

Hingga Malam ke-5, Kebakaran TPA Bakung Belum Juga Padam

Kompas.tv - 17 Oktober 2023, 11:52 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Inilah suasana tempat pembuangan akhir (TPA) Bakung Kecamatan Teluk Betung Barat Kota Bandar Lampung, Lampung yang mengalami kebakaran hebat sejak Jumat sore dan belum dapat dipadamkan secara keseluruhan hingga Senin malam.

Baca Juga: DLH Antipasi Penyakit ISPA Dampak Kebakaran TPA Bakung

Berdasarkan pantauan, tampak beberapa titik api kecil dan bara api yang masih terlihat pada hari keempat atau Senin malam ini. Meski begitu, kepulan asap tebal terlihat masih banyak keluar dari bawah tumpukan sampah yang telah terbakar.

Sampai saat ini, 1 juta liter air telah digunakan untuk memadamkan lebih dari 5 hektare tumpukan sampah yang terbakar. Lokasi itu pun telah dilokalisir dengan dibuatnya 2 lubang sedalam 5 meter supaya api dapat terkendali dan tidak kembali meluas.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bandar Lampung, Anthoni Irawan mengatakan saat ini pihaknya mendapat tambahan 6 unit eksavator untuk mempermudah dan mempercepat pemadaman. Alat berat tersebut bertugas menggali tumpukan sampah untuk memastikan tidak ada bara api yang masih menyala.

Sementara untuk memastikan kesehatan petugas pemadam, Pemerintah Kota Bandar Lampung telah menyiapkan tim medis di lokasi kebakaran. Tim ini memberikan bantuan pernafasan dengan oksigen bagi personel yang sudah terlalu lama dikepung asap secara bergantian.

Akibat kebakaran yg tak kunjung padam seluruhnya, pemukiman warga di sekitar TPA Bakung menjadi dipenuhi asap. Pemerintah Kota Bandar Lampung berjanji akan membagikan masker gratis jika dalam waktu 2 hari ini asap tidak juga hilang.

#kebakaran #bakung #sampah

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x