Kompas TV regional jawa tengah dan diy

2 Ekor Ular Sepanjang 1,5 Meter Dievakuasi dari Sumur Warga di Klaten

Kompas.tv - 16 Oktober 2023, 14:38 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KLATEN, KOMPAS.TV - Proses evakuasi dua ekor ular jenis koros dari dasar sumur sedalam 11,5 meter ini dilakukan oleh petugas damkar dibantu Tim SAR di Desa Krikilan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Penemuan ular ini berawal saat salah satu warga akan mengambil sisa air di sumur yang mengering di musim kemarau.

Warga Desa Krikilan, Feriyant mengaku, ia dikagetkan dengan keberadaan ular, karena khawatir beracun dan bila dibiarkan bangkainya akan mencemari air sumur warga pun melaporkan temuan ular ini ke petugas pemadam kebakaran.

 “Tahunya waktu nimba di sumur ternyata ada ular, terus lapor takutnya ularnya mati malah jadi membusuk dan mencemari air di sumur,” ungkap Feriyant. 

Menurut Farizal Efendi, Petugas Damkar Klaten, setelah mendapatkan laporan pihaknya dibantu Tim SAR langsung datang ke lokasi. Menggunakan alat berupa jangkar dan jaring untuk melindungi petugas dari bahaya ular, petugas berhasil menangkap dua ekor ular sepanjang 1,5 meter.

 “Tadi kita jangkar pakai jaring dan pakai jangkar untuk mengambil ularnya ke atas, karena kalau untuk petugas turun karena kita belum tahu jenis ularnya, takut ular berbisa. Jadi kita usahakan pakai jangkar dulu, pakai tali dari atas kita naikkan. Berhasil ada 2 ular yang bisa kita naikkan tadi pakai jangkar dan pakai jaring, kurang lebih 1,5 meter [panjang ular],” jelas Farizal.

Setelah ditangkap kedua ular ini kemudian dibawa menggunakan kontainer box untuk dibawa di karantina di markas damkar Kabupaten Klaten sebelum dilepasliarkan ke habitatnya.

#ulardisumur #damkarklaten #klaten



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x