Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Pemilu 2024, KPU Jateng Imbau Masyarakat Hargai Perbedaan

Kompas.tv - 16 Oktober 2023, 14:48 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Berdasarkan Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) Provinsi Jawa Tengah termasuk kategori rawan sedang dalam Pemilu 2024, namun sebanyak tujuh wilayah di Jawa Tengah masuk dalam kategori rawan tinggi saat penyelenggaraan Pemilu 2024 mendatang. Sejumlah tujuh wilayah, yakni Kota Semarang, Kabupaten Sukoharjo, Purworejo, Temanggung, Wonosobo, Magelang dan Kendal.

Adapun konflik di daerah rawan tersebut seperti perbedaan pendapat dan dukungan, perusakan alat peraga kampanye, isu money politik dan peredaran berita bohong atau hoaks. Menanggapi hal tersebut,

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng, Handi Tri Ujiono mengimbau masyarakat tak mudah terpancing emosi saat menerima informasi yang belum jelas kebenarannya, selain itu masyarakat diminta menghargai perbedaan dan menjunjung tinggi toleransi.

“Kita pahami bahwa terkait dengan Pemilu adalah sarana integrasi bangsa, beda pilihan boleh saja tapi kemudian tujuannya adalah sama, untuk bagaimana negara ini suistainabilitynya bisa terjaga dengan baik melalui mekanisme Pemilu lima tahunan," kata Handi Tri Ujiono.

KPU Jateng juga terus meningkatkan kolaborasi dengan Polda Jateng dan Kodam IV Diponegoro serta seluruh stakeholder yang terkait untuk pengamanan di Provinsi Jateng sehingga pesta demokrasi 2024 dapat berjalan dengan lancar, damai dan kondusif.

#pemilu2024 #kpujateng #semarang




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x