Kompas TV regional papua maluku

PMI Tembus Pedalaman Papua Operasi Katarak Gratis

Kompas.tv - 14 Oktober 2023, 17:17 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

JAYAPURA, KOMPAS.TV - Kabupaten Mamberamo Tengah yang terletak di Provinsi Papua Pegunungan merupakan salah satu Kabupaten dengan angka katarak tertinggi di wilayah Papua Pegunungan. Dari data yang dimiliki oleh dinas kesehatan setempat, jumlah penderita katarak tersebar merata di lima distrik dan 59 kampung di kabupaten.

Oleh karenanya Palang Merah Indonesia bersama komite internasional Palang Merah dan rumah sakit dian harapan jayapura menggelar operasi katarak secara gratis dan membagikan ratusan kacamata gratis kepada masyarakat di Distrik Kobakma, Mamberamo Tengah. Meski harus menempuh perjalanan jauh.

Kegiatan ini untuk membantu pemerintah dalam mengurangi angka kebutaan yang terus meningkat di Indonesia. Khususnya Indonesia Timur menjadi fokus Palang Merah Indonesia karena jumlah Kebutaan di Papua, Papua Barat, Maluku dan Nusa Tenggara Timur terus meningkat setiap tahun.

Selain melaksanakan operasi katarak, PMI dan ICRC juga membagikan 200 kacamata baca gratis bagi warga di ibukota Kobakma, Mamberamo Tengah. Hal ini dilakukan untuk membantu masyarakat dalam melaksanakan kegiatan sehari hari.

Operasi katarak ini adalah yang pertama kali digelar di Kabupaten Mamberamo Tengah, sehingga antusiasme warga cukup tinggi. Operasi ini juga membantu menekan angka kebutaan di Mamberamo Tengah.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x