Kompas TV regional papua maluku

RSUD Lukas Enembe Kekurangan Tenaga Medis

Kompas.tv - 13 Oktober 2023, 17:08 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

JAYAPURA, KOMPAS.TV - Semenjak diresmikan 2021 lalu hingga saat ini Rumah Sakit Umum Daerah Lukas Enembe masih minim tengah kesehatan. Padahal rumah sakit ini dibangun megah dengan sejumlah fasilitas yang memadai dan  merupakan rumah sakit pertama di kabupaten Mamberamo Tengah.

Direktur RSUD Lukas Enembe, Samuel Tandisala mengatakan,  rumah sakit ini ramai dikunjungi oleh pasien setiap harinya dari lima distrik di Mamberamo Tengah. Namun sayangnya masih kekurangan dokter spesialis dan tenaga perawat, akibatnya petugas kewalahan menangani pasien.

Untuk memenuhi kebutuhan tenaga medis, pihak rumah sakit berupaya mengontrak tenaga medis dari luar daerah, namun karena berada di pedalaman membuat tenaga medis yang direkrut tidak bertahan lama dan memilih kembali ke kota.

Saat ini yang bisa dilakukan pihak rumah sakit sementara waktu dengan menyekolahkan sejumlah dokter spesialis ke luar Papua, dan beberapa diantaranya sudah menyelesaikan pendidikan untuk datang mengabdi di RSUD Mamberamo Tengah.

Dengan situasi ini diharapkan pemerintah daerah setempat dapat mengambil kebijakan untuk membantu memenuhi tenaga dokter dan perawat, agar dapat memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x