Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Sensasi Kuliner Legendaris Nasi Jagung Mbah Parmi

Kompas.tv - 11 Oktober 2023, 17:03 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

BLORA, KOMPAS.TV - Siapa yang tidak tahu nasi jagung, ya makanan dengan bahan dasar jagung ini merupakan salah satu kuliner legendaris yang nikmat. Selain rasanya yang gurih, nasi jagung ini juga banyak manfaatnya karena kaya akan serat dan antioksidan yang baik bagi kesehatan tubuh.

Ditambah lagi jika saat mengkonsumsinya dilengkapi lalapan, ikan asin, serta sambal terong. Tentunya akan semakin mantap dan nikmat.

Seperti nasi Jagung Khas Blora Mbah Parmi yang sudah berdiri sejak 20 tahun yang lalu. Meski sudah cukup lama, namun  penikmat nasi jagung ini tidak pernah berkurang justru semakin banyak. Tidak hanya masyarakat biasa, pejabat daerah seperti lurah, camat hingga kepala dinas juga banyak yang datang menikmati gurihnya nasi jagung buatan Mbah Parmi.

Meski sekilas tidak ada yang beda dengan nasi jagung pada umumnya, namun Nasi Jagung Mbah Parmi terkenal lebih lembut dan nikmat saat dimakan. Apalagi jika saat menikmati ditambahkan dengan lalapan daun singkong, sambal terong dengan lauk ikan teri.

Rasa gurih bercampur pedas membuat lidah terasa mernikmati sensasi kuliner legendaris ini. Harganya pun cukup murah dengan mengeluarkan uang Rp 5.000 anda sudah bisa menikmati gurihnya nasi jagung legendaris Mbah Parmi.

“Mantep mas, gurih, ada pedes-pedesnya ada asin-asinnya. Sering (makan di sini) mas, pesennya tapi yang digoreng,” ujar Denis, penikmat nasi jagung.

Mbah Parmi mengaku sudah 20 tahun berjualan nasi jagung di rumahnya yang berada di Dukuh Bangking, Kelurahan Tambahrejo, Blora, Jawa Tengah. Dalam sehari ia mampu membuat nasi jagung sebanyak 4 sampai 5 kilogram. Jagung yang digunakan merupakan jagung putih karena lebih gurih.

“(Banyak yang datang mbah? ) Ya mboten mesti, kadang ya katah kadang ya kecil (Ya tidak pasti, kadang ya banyak, kadang ya sedikit),” ungkap Mbah Parmi, penjual nasi jagung.

Nasi jagung sendiri banyak diburu sebagai pengganti nasi dari beras. Nasi ini memiliki kadar gula sedikit sehingga baik dikonsumsi bagi penderita diabetes. Penasaran dengan sensasi rasa Nasi Jagung Mbah Parmi. Langsung saja datang ke rumah Mbah Parmi di Dukuh Bangking, Kelurahan Tambagrejo. Nasi Jagung Mbah Parmi mulai buka pukul 9.00 pagi hingga sore hari.

#nasijagung #kulinerlegendaris #blora



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x