Kompas TV regional papua maluku

Tiga Orang Diduga Pembunuh Aktivis Perempuan Michelle Kurisi Ditangkap, Ternyata Anggota KNPB

Kompas.tv - 9 Oktober 2023, 19:38 WIB
tiga-orang-diduga-pembunuh-aktivis-perempuan-michelle-kurisi-ditangkap-ternyata-anggota-knpb
AW ,salah satu dari tiga terduga pelaku pembunuh aktivis perempuan Michele Kurisi Doga yang merupakan anggota KNPB dan ditangkap di Jayapura. (Sumber: Dok Satgas Damai Cartenz)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Deni Muliya

JAYAPURA, KOMPAS.TV - Tiga anggota Komite Nasional Papua Barat atau KNPB yang diduga sebagai pelaku pembunuhan terhadap aktivis perempuan Michelle Kurisi Doga ditangkap oleh Satgas Damai Cartenz.

Diketahui, jasad Michelle Kurisi ditemukan di Distrik Koloak Atas, Kabupaten Lanny Jaya, Papua Pegunungan, pada 28 Agustus 2023 lalu setelah diduga dibunuh oleh tiga anggota KNPB.

Kepala Satgas Damai Cartenz, Kombes Faizal Rahmadani mengungkapkan, Satgas Gakkum Damai Cartenz telah menangkap tiga anggota KNPB antara lain berinisial PM, AW dan RK alias RM.

Baca Juga: Komandan Batalion dan Wakil Kepala Intelijen KKB Tewas usai Baku Tembak di Pegunungan Bintang Papua

Mereka, kata Kombes Faizal, ditangkap di tiga lokasi berbeda yakni di wilayah Jayapura, Tolikara dan Wamena.

Dari ketiga pelaku pembunuhan tersebut, Kombes Faizal menyebut, pelaku yang mengeksekusi korban Michelle yaitu pelaku RK alias RM. 

Dari hasil visum dan autopsi, menurut Faizal, tidak ada tanda-tanda korban ditembak. Melainkan dibunuh menggunakan benda tajam.

Kombes Faizal menjelaskan, penangkapan terhadap ketiga pelaku itu berawal dari tertangkapnya pelaku PM pada Kamis (5/10/2023) di Wamena.

Selanjutnya, dilakukan pengembangan hingga akhirnya Satgas Damai Cartenz berhasil dua pelaku pembunuhan Michelle lainnya.

Baca Juga: Polisi Tangkap Terduga Penyuplai Makanan untuk KKB Egianus Kogoya, Pernah Tarik Uang Rp100 Juta

"Para terduga pelaku itu adalah anggota KNPB militan dari Baliem Barat," kata Kombes Faizal di Jayapura pada Senin (9/10/2023).

Kombes Faizal menambahkan, saat ini pihaknya masih mengejar 4 pelaku lainnya yang juga merupakan anggota KNPB Balliem Baat.

Keempat anggota KNPB tersebut, ujar Faizal, masing-masing berinisial KW, JW, DW dan K. Saat ini, mereka telah ditetapkan masuk dalam daftar pencarian orang atau DPO.

Seperti diketahui, Michele Kurisi Doga dibunuh para pelaku pada 28 Agustus 2023 di Distrik Koloak Atas, Kabupaten Lanny Jaya.

Aksi pembunuhan itu direkam pelaku dan disebarkan melalui kanal media sosial Facebook sehingga video pembunuhan Michele Kurisi Doga beredar luas di media sosial dan menjadi viral.

Baca Juga: 4 Anggota KKB Tewas Ditembak Satgas Damai Cartenz di Papua Pegunungan

Dalam Video viral tersebut, diperlihatkan korban Michele Kurisi awalnya diinterogasi para pelaku dan tidak lama kemudian terlihat korban tengah meregang nyawa di semak-semak dengan darah terkucur di baju bagian dada korban.

Atas perbuatannya, para tersangka akan dikenakan Pasal 338 KUHP tentang pembunuhan junto Pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana junto pasal Pasal 354 KUHP tentang penganiayaan mengakibatkan orang lain meninggal dunia.

“Ancaman maksimal hukuman mati atau pidana penjara seumur hidup,” kata Kombes Faizal Ramadhani



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x