Kompas TV regional berita daerah

Hutan Mangrove Pekalongan Terancam Punah Akibat Cuaca Ekstrem

Kompas.tv - 4 Oktober 2023, 20:22 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Hutan mangrove di Desa Mulyorejo, Kecamatan Tirto, Kabupaten Pekalongan, sejak tiga bulan terakhir mengalami kekeringan akibat kemarau panjang. Tambak-tambak para petani tak menyisakan air membuat kondisi tanah retak-retak, hingga daun-daun dan batang pohon mangrove mulai mengering.

 

Kondisi ini mengancam keberlangsungan hidup pohon mangrove di kompleks Wisata Mangrove Mulya Asri, serta pohon mangrove di kompleks sekitarnya. Pengelola mengaku kewalahan menghadapi cuaca ekstrem tahun ini yang dinilai paling parah dari tahun-tahun sebelumnya.

 

Cuaca panas membuat pembibitan mangrove yang dilakukan sering gagal. Air kolam tambak tak lagi bisa digunakan untuk menyiram pada pembibitan mangrove akibat mengandung kristal garam.

 

Terpaksa penyiraman bibit menggunakan air tanah, namun suhu udara tinggi terus mematikan bibit-bibit mangrove sebelum sempat ditanam di lahan hutan.

 

Akibat cuaca panas, kunjungan wisatawan ke Wisata Mangrove anjlok. Pengelola terpaksa menolak kunjungan wisatawan akibat kondisi tak memungkinkan.

 

Wisatawan biasanya akan praktik menanam pohon mangrove dan membuat sirup dari buah mangrove. Namun bibit maupun buah mangrove tak tersedia sejak cuaca ekstrem melanda khususnya di Pantura Pekalongan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x