Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Perhatian bagi Penyandang Obesitas Harus Terus Ditingkatkan

Kompas.tv - 3 Oktober 2023, 12:59 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Penyandang obesitas di Indonesia mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, dan ironisnya obesitas dialami mereka sejak usia anak- anak. Saat ditemui usai menjadi pemateri seminar nasional bertema “Leptin: Defining Its Role In Human”, salah satu dokter spesialias gizi, Annta Kern Nugrohowati mengungkapan, berdasarkan data riset kesehatan dasar (Riskesdas) selama kurun waktu lima tahun, penyandang obesitas terus meningkat, sementara pada tahun 2018 angka obesitas meningkat 21,8 persen atau meningkat 7 persen dari tahun 2013.

“Dari segi peningkatannya, dari hasil riskesdas 2013 cukup pesat ya. Jadi memang ini harus menjadi perhatian utama. Nilai pasti saya kurang hafal, tapi yang jelas peningkatannya itu lebih dari 18 persen dari 2013,” ungkap Annta.

Obesitas ini sendiri bisa berdampak pada kesehatan lain seperti hipertensi, jantung, hingga depresi kurang percaya diri. Terdapat beberapa faktor penyebab obesitas, diantaranya kurang beraktifitas fisik, makan makanan tinggi kalori dan kurang mengkonsumsi buah dan sayur.

Diharapkan masyarakat mulai menyadari akan bahayanya obesitas dan melakukan upaya preventif, yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat, pemenuhan kebutuhan gizi seimbang.

#obesitas #gizi #semarang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x