Kompas TV regional berita daerah
advertorial

Mendagri Tito Karnavian Secara Resmi Lantik Agus Fatoni Sebagai Penjabat Gubernur Sumsel

Kompas.tv - 2 Oktober 2023, 19:23 WIB
mendagri-tito-karnavian-secara-resmi-lantik-agus-fatoni-sebagai-penjabat-gubernur-sumsel
Mendagri Muhammad Tito Karnavian secara resmi melantik Dr. Agus Fatoni, M.Si, sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Sumatera Selatan, Senin pagi (2/10)/2023). (Sumber: Humas Pemprov Sumsel)
Penulis : KompasTV Palembang

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian secara resmi melantik Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Dr. Agus Fatoni, M.Si bertempat di Gedung Sasana Bhakti Praja Kantor Pusat Kementerian Dalam Negeri, Senin pagi (2/10/2023). 

Dilantiknya Dr Agus Fatoni, M.Si sebagai Pj Gubernur Sumsel oleh Mendagri tersebut  mengacu pada Keputusan Presiden atau Keppres No. 87/P/2023 tentang Pengangkatan Penjabat Gubernur.

Pada kesempatan yang sama juga dilakukan pelantikan Penjabat (Pj) Ketua Tim Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Sumatera Selatan, A. P. Widyaningtyas Fatoni, oleh Ketua Umum TP PKK Tri Tito Karnavian. 

Usai melantik Pj Gubernur Sumsel dan Pj Gubernur Kalimantan Timur, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian menyampaikan ucapan selamat kepada Penjabat Gubernur yang baru saja dilantik.

Menurut Mendagri pelantikan PJ Gubernur ini sesuai dengan keputusan Presiden Republik Indonesia tentang pemberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur yang telah mengakhiri masa jabatannya, serta keputusan Presiden RI tentang pengangkatan Pj Gubernur dengan masa jabatan paling lama satu tahun. 

“Penjabat mengisi kekosongan sampai dengan Pilkada serentak nanti, saya paham betul dua-duanya ini memiliki kemampuan dan kapabilitas yang sangat mumpuni tentang pemerintahan, dua-duanya dari lulusan IPDN. Jadi memang bidang pemerintahan, serta selama ini memang memahami tentang daerah, memahami tentang prinsip-prinsip pemerintahan otonomi daerah,” ungkapnya. 

Mendagri mengakui, Penjabat Gubernur Sumsel Dr. Agus Fatoni, M.Si memiliki pengalaman menjadi penjabat Gubernur, dimana sebelumnya pernah menjabat sebagai Penjabat Gubernur Sulawesi Utara. 

“Tentu tugas utama yang paling penting bagi saya adalah mereka bisa membuat pemerintahan tetap berjalan, running, jangan sampai terjadi kekosongan. setelah itu saya minta juga mereka melakukan hal-hal yang menjadi prioritas baik nasional maupun daerah misalnya tentang penurunan angka stunting, penurunan angka kemiskinan termasuk kemiskinan ekstrem dan mengendalikan inflasi,” tuturnya. 

Terkhusus untuk di Provinsi Sumsel, lanjut Mendagri, untuk terus melakukan hal-hal yang menjadi prioritas, seperti pembangunan Jalan, pelabuhan, dan yang paling penting dan krusial untuk tindak lanjuti penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). 

“Terkhusus ini saya minta untuk tangani karhutla karena kualitas udara di kota palembang semakin tidak sehat, titik kebakaran segera dikerjakan bersama forkopimda,” tambahnya.




Sumber : Kompas TV Palembang


BERITA LAINNYA



Close Ads x