Kompas TV regional berita daerah

Maulid Nabi dan Haul Pangeran Banathawa, Ada Pawai Ta aruf dan Bazar Murah

Kompas.tv - 2 Oktober 2023, 14:11 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Pengajian akbar Maulid Nabi Muhammad SAW dan haul Sayyid Abdul Halim atau Pangeran Banathawa dilaksanakan di halaman Pondok Pesantren Miftahul Jannah, Desa Grobog Kulon, Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal. Acara ini merupakan kerjasama antara pondok pesantren dengan sejumlah elemen masyarakat termasuk Forkopimda.

 

Rangkaian kegiatan ini dimulai dari khotmil Quran, tahlil umum, disusul pawai ta’aruf dan berbagai kegiatan sosial seperti cek kesehatan dan donor darah. Panitia juga membuka layanan masyarakat seperti perpanjangan SIM dan STNK serta bazar murah.

 

Puncak kegiatan berupa pengajian akbar diisi tausiah oleh pengasuh pondok pesantren Kyai Haji Muhammad Busyaeri Aman Abbas dan Habib Muhdor Al Jufri. Bupati Tegal, Umi Azizah, hadir dalam acara tersebut dan dalam sambutannya beliau menceritakan keteladanan Rasulullah dan para pengikutnya agar dicontoh dan diterapkan dalam bermasyarakat.

 

Panitia acara, Ahmad Fuad Sofyan Bisri, menyebutkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan antar umat Islam serta sebagai sarana syiar agama Islam sekaligus mempererat tali silaturahmi.

 

Sayyid Abdul Halim atau Pangeran Banathawa merupakan tokoh sesepuh desa setempat. Diharapkan dengan adanya rangkaian kegiatan ini dapat mendekatkan antara pihak pondok pesantren dengan warga, khususnya masyarakat di Kabupaten Tegal.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x