Kompas TV regional jawa timur

Cerita Perempuan Dinikahi Perempuan Ngaku Laki-laki di Surabaya: Sertifikat Rumah Raib

Kompas.tv - 2 Oktober 2023, 09:20 WIB
cerita-perempuan-dinikahi-perempuan-ngaku-laki-laki-di-surabaya-sertifikat-rumah-raib
Seorang perempuan asal Surabaya, Jawa Timur Ida Susanti (59) merasa ditipu usai dinikahi seorang perempuan yang mengaku laki-laki. (Sumber: Tangkapan layar KOMPAS TV)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Iman Firdaus

SURABAYA, KOMPAS.TV - Perempuan asal Surabaya, Jawa Timur Ida Susanti (59) merasa ditipu usai dinikahi suaminya, yang ternyata seorang perempuan bernama Nardinata Marshioni Suhaimi (NMS). Sang suami diduga memalsukan identitas dan jenis kelamin.

Korban mengaku telah melaporkan kasus dugaan penipuan ini sejak tahun 2002 tapi hingga kini belum ada kejelasan dari pihak kepolisian.

Ida mengaku mengetahui identitas suaminya yang ternyata perempuan itu saat akte sertifikat rumah korban telah berpindah kepemilikan, yang diduga diserobot suaminya itu.

Saat melapor ke kepolisian, korban telah melampirkan bukti berupa tiga kartu tanda penduduk (KTP) milik pelaku dengan nama yang berbeda.

Hingga kini polisi belum bisa menangkap terlapor meski kepolisian sudah menerbitkan surat daftar pencarian orang (DPO) sejak 2007. Bahkan, menurut penuturan Ida, suaminya telah memalsukan sertifikat rumah.

"Sertifikat baru,  yang suami saya tanpa izin dan tanpa sepengetahuan aku, memalsukan identitas, mengatakan bahwa sertifikat itu hilang dan dia melaporkan ke BPN ternyata dipalsukan dan direkayasa dan dijual ke keponakannya dia sendiri," kata Ida, dilansir dari cuplikan program Sapa Indonesia Pagi, Kompas TV, Senin (2/10/2023).

Baca Juga: Mahfud MD Siap Turun Tangan Bantu KPK Usut Dugaan Korupsi di Kementerian Pertanian

Sebelumnya, kisah ini dibagikan oleh akun Tiktok Ida dengan nama akun @yolayola8040.

Dalam akun itu, Ida mengisahkan jika dirinya awalnya kenal dengan perempuan yang menikahinya yang berinisial NMS.

Perkenalan mereka terjadi pada bulan Juni tahun 2000 lewat pesan SMS. Kemudian pada 26 Juni 2000, NMS datang bersama kakaknya Y untuk menemui Ida.

Ida pun diajak makan bersama di restoran dan disitu ia diperlihatkan KTP serta akta kelahiran milik NMS. Ida tak merasa janggal karena di akta kelahiran, NMS tertulis lahir sebagai laki-laki.

Tiga Minggu kemudian, NMS datang ke rumah untuk melamar. Ida pun mengunggah dirinya saat acara tukar cincin dengan NMS.

Pada 30 Juli 2000, Ida pergi ke Jakarta untuk melakukan penandatanganan surat nikah di sebuah hotel, sedangkan surat pernikahannya keduanya dikeluarkan oleh catatan sipil Jakarta.




Sumber : Kompas TV, Tribunnews


BERITA LAINNYA



Close Ads x