Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Serunya Akhir Pekan Komunitas Gotrip KompasTV: Gowes 40 Km dan Menapak Tilas Perjalanan Pendiri KG

Kompas.tv - 1 Oktober 2023, 16:27 WIB
serunya-akhir-pekan-komunitas-gotrip-kompastv-gowes-40-km-dan-menapak-tilas-perjalanan-pendiri-kg
Para anggota Komunitas Gotrip KompasTV berfoto bersama di Sumur Jakob dan patung Jakob Oetama di kawasan Omah Petroek, Kaliurang, Sleman, Yogyakarta, Minggu (1/10/2023). Kegiatan itu sebagai tapak tilas perjalanan pendiri Kompas Gramedia sekaligus syukuran ulang tahun ke-12 KompasTV. (Sumber: Kompas.tv/Gading Persada)
Penulis : Gading Persada | Editor : Edy A. Putra

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Lebih dari sepuluh karyawan KompasTV yang tergabung dalam Komunitas Gotrip, berakhir pekan di Yogyakarta, Sabtu-Minggu (29 September-1 Oktober 2023).

Selama tiga hari, mereka melakukan sejumlah kegiatan, mulai dari bersepeda santai atau gowes hingga menapak tilas perjalanan pendiri Kompas Gramedia (KG) Group, Jakob Oetama dan PK Ojong.

"Kegiatan ini sebagai rangkaian sekaligus untuk memeriahkan ulang tahun ke-12 KompasTV," kata Wakil Pemimpin Redaksi (Wapemred) KompasTV Yogi Nugraha, mewakili rombongan di sela-sela kegiatan tapak tilas, Minggu (1/10/2023).

Baca Juga: Spesial HUT KompasTV, Wali Kota Semarang Bacakan Berita Kakek Seniman Patung dan Gulai Bustaman

Pada hari terakhir di Kota Gudeg pagi tadi, rombongan Komunitas Gotrip melakukan tapak tilas di Omah Petroek yang berada di kawasan wisata Kaliurang, tepatnya di Dusun Wonorejo, Pakem, Sleman, D.I Yogyakarta.

Dinukil dari TribunJogja.com, Omah Petroek dulunya digunakan sebagai tempat menulis dan mencari inspirasi oleh Sindhunata, wartawan senior Kompas sekaligus penulis dan budayawan.

Dengan adanya sinergi antara Romo Sindhu (sapaan akrab Sindhunata) dan para seniman serta budayawan, Omah Petroek kemudian berubah menjadi rumah seni, budaya, dan pendidikan.

Sesuai dengan komitmennya, Omah Petroek bertujuan untuk membangun manusia yang baik dan produktif. Rumah budaya tersebut juga mendukung dan memfasilitasi aneka agenda kegiatan seni budaya dan pendidikan.

"Ini bentuk lain dari cara kita bersyukur atas pencapaian KompasTV hingga saat ini," imbuh Yogi.

Menurutnya, datang ke Omah Petroek dan Omah Yakopan yang juga berada di dalam kawasan tersebut, adalah bagian dari cara karyawan Kompas Gramedia Group khususnya KompasTV, menguatkan dan meneguhkan jalan guna mengawal dan melestarikan nilai-nilai ajaran baik Jakob Oetama dan PK Ojong selaku pendiri Kompas. 

"Keduanya telah berjuang selama puluhan tahun untuk membuat rumah yang baik. Kita semua sebagai generasi penerus bisa mewarisi itu, bisa mengingat itu bahwa dalam perjalanan dan perjuangan dibutuhkan kesabaran, keteguhan agar niat kita tetap bersih untuk kebaikan bangsa dan negara," papar Yogi.


Tanda Syukur KompasTV

Sehari sebelumnya, Sabtu (30/9) pagi, sebagai rangkaian peringatan HUT KompasTV, Komunitas Gotrip KompasTV bersama beberapa karyawan Hotel Santika Yogyakarta melakukan gowes dengan mengambil rute jalur wisata candi sejauh 40 kilometer.

Start rombongan pegowes dimulai di halaman Hotel Santika menuju Kompleks Candi Prambanan dan Candi Plaosan. 

Sejumlah anggota Komunitas Gotrip KompasTV berada di dekat patung dua pendiri Kompas Gramedia, Jakob Oetama dan PK Ojong, yang berada di Omah Petroek, Kaliurang, Sleman, Yogyakarta, Minggu (1/10/2023). Kegiatan tersebut dilakukan untuk menapak tilas perjalanan pendiri Kompas Gramedia sekaligus syukuran ulang tahun ke-12 KompasTV. (Sumber: Kompas.tv/Gading Persada)

Usai menikmati keindahan arsitektur bangunan candi, para peserta gowes meneruskan perjalanan menuju titik finis di halaman Bentara Budaya Yogyakarta. Kegiatan diakhiri dengan pemotongan tumpeng sebagai tanda syukur atas 12 tahun KompasTV.

Eko Wahyu Tawantoro, manager news bulletin KompasTV menambahkan, maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah berziarah untuk menapaktilas kebaikan-kebaikan founding fathers Kompas Gramedia Group, almarhum Jakob Oetama dan PK Ojong. 

Baca Juga: Ucapan Ulang Tahun ke-12 untuk KompasTV dari Wakil Presiden RI KH. Ma'ruf Amin

"Kami juga akan berkunjung ke Taman Yakopan, untuk belajar nilai-nilai kebaikan yang ditanamkan Pak Jakob," sambung Eko, dikutip dari laporan jurnalis KompasTV, Michael Aryawan.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x