Kompas TV regional berita daerah

Simulasi Bencana, Puluhan Warga Mengungsi

Kompas.tv - 29 September 2023, 17:28 WIB
Penulis : KompasTV Palu

SIGI, KOMPAS.TV - Puluhan warga mengungsi dengan 3 orang luka luka saat bencana banjir bandang di Desa Bangga Kabupaten Sigi. Kondisi itu menjadi skenario simulasi ketika terjadi bencana di Desa Bangga.

Di awali dengan bunyi sirene peringatan banjir bandang, para warga di desa bangga dusun I sampai III dikumpulkan dalam satu titik kumpul.

Beberapa kelompok rentan menjadi prioritas evakuasi dalam kejadian itu. 3 warga terpaksa ditandu karena luka yang dialami. Warga lanjut usia dan ibu hamil juga diperiksa kesehatannya sembari menunggu kondisi terkendali.

Kepala Desa Bangga Abrar Ganasatu bilang, kejadian itu merupakan skenario penanganan bencana di Desa Bangga. Simulasi sendiri menjadi bagian penting di daerah rawan bencana, seperti Desa Bangga.

Desa Bangga sendiri terpilih sebagai salah lokasi simulasi bencana. Tahun 2019 sendiri desa ini terdampak bencana banjir bandang. Ratusan warga terdampak bencana dan rumahnya tak bisa ditempati lagi karena tertimbun lumpur sampai di bumbungan rumah.

Dalam beberapa tahun beberapa titik di Kabupaten Sigi sering terdampak banjir bandang. Simulasi bencana sendiri dilakukan sebagai bagian dari mitigasi bencana bagi warga yang rawan terdampak bencana. Dalam simulasi di Desa Bangga sendiri melibatkan warga, kelompok tanggap. Perwakilan BPBD Sigi dan Provinsi Sulawesi Tengah dan beberapa organisasi swasta yang masih mendamping warga Desa Bangga seperti Ekonesia.

#Simulasi #SimulasiBencana #DesaBangga 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x