Kompas TV regional sulawesi

Penambang Lokal di Pohuwato Disebut Sulit Jual Emas di Toko, Ini Kata Kapolda Gorontalo

Kompas.tv - 27 September 2023, 07:50 WIB
penambang-lokal-di-pohuwato-disebut-sulit-jual-emas-di-toko-ini-kata-kapolda-gorontalo
Kapolda Gorontalo menyebut 10 anggota kepolisian mengalami luka-luka seusai aksi unjuk rasa yang berujung pembakaran kantor Bupati Pohuwato, Provinsi Gorontalo. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Gading Persada

POHUWATO, KOMPAS.TV - Para penambang lokal disebut kesulitan menjual emas di sejumlah toko yang berada di Kecamatan Marisa, Kabupaten Pohuwato, Gorontalo.

Mantan Bupati Pohuwato Syarief Mbuinga menyampaikan aspirasi mengenai keluhan penambang yang kesulitan menjual emasnya di toko emas di Marisa. 

Menurut Syarief, terdapat isu yang beredar jika pemilik toko dilarang membeli emas dari para penambang lokal.

Baca Juga: Duduk Perkara Unjuk Rasa Berujung Pembakaran Kantor Bupati Pohuwato

"Saya prihatin mereka bawa emas dengan jumlah yang kecil tidak tau dijual di mana. Kita tidak mau mencari kambing hitam tapi kita ingin mencari solusi terbaik," kata Syarief dalam rapat Forkopimda, Selasa (26/9/2023).

Hal senada diungkapkan oleh Since Kadji, perwakilan tokoh perempuan setempat yang juga menjabat anggota DPRD Provinsi Gorontalo. 

Since mengatakan warga saat ini dalam kondisi sulit. Lahan pertanian mengering, nelayan sulit melaut karena ombak, ditambah dengan hasil tambang emas yang sulit terjual.

“Ada bahkan yang bawa emas dua gram dia tukar dengan beras. Coba pak, kasihan rakyat,” ujar Since.

Menanggapi keluhan itu, Kapolda Gorontalo Irjen Angesta Romano Yoyol mengeklaim, pihaknya menjamin tidak ada larangan penjualan emas di Kecamatan Marisa, Kabupaten Pohuwato, Gorontalo.

Baca Juga: Anggota TNI Pembunuh Imam Masykur Ternyata Sudah 14 Kali Culik dan Peras Penjaga Toko Kosmetik

Pernyataan itu dilontarkan Kapolda untuk merespon aspirasi yang datang dari sejumlah tokoh Pohuwato pada rapat Forkopimda yang digelar di Kabupaten Pohuwato.

“Saya sudah sampaikan tadi, bahwa silakan menjual emas di toko emas yang selama ini berjalan," ucap Kapolda Gorontalo.

Irjen Angesta menegaskan tidak ada penangkapan dan pelarangan terhadap penjualan emas yang sifatnya tradisional di Pohuwato.


Ia pun menjamin isu mengenai pemilik toko dilarang membeli emas dari para penambang lokal tidak benar adanya. 

Kapolda Gorontalo juga mempersilakan penambang yang merasa tidak bisa menjual emasnya agar segera melapor kepada dirinya. 

Baca Juga: Demo Tuntut Ganti Rugi Lahan Tambang, Massa Bakar Kantor Bupati dan Rusak Gedung DPRD Pohuwato

Perwira tinggi bintang dua itu akan berada di Pohuwato hingga beberapa hari ke depan sampai situasi daerah tersebut kondusif.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.