Kompas TV regional sulawesi

Duduk Perkara Unjuk Rasa Berujung Pembakaran Kantor Bupati Pohuwato

Kompas.tv - 23 September 2023, 11:18 WIB
duduk-perkara-unjuk-rasa-berujung-pembakaran-kantor-bupati-pohuwato
Api membakar Kantor Bupati Pohuwato saat demonstrasi penambang di Kabupaten Pohuwato, Gorontalo, Kamis (21/9/2023). (Sumber: ANTARA/HO)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Desy Afrianti

GORONTALO, KOMPAS.TV – Aksi unjuk rasa berujung pembakaran kantor Bupati Pohuwato, Provinsi Gorontalo terjadi pada Kamis (21/9/2023). Peristiwa itu juga merusakkan kantor DPRD dan kantor perusahaan PT Puncak Emas Tani Sejahtera (PETS).

Mengutip pemberitaan Kompas.com, para pengunjuk rasa tersebut merupakan masyarakat yang tergabung dalam Forum Persatuan dan Ahli Waris IUP OP 316 dan Ahli Waris Penambang Pohuwato.

Dalam aksinya, mereka menuntut penyelesaian ganti rugi yang tidak kunjung selesai.

Dikutip dari Kompas.id, Jumat (22/9/2023), para pengunjuk rasa mempertanyakan kepastian pembagian sebagian lahan dalam wilayah kensisi tambang emas bernama Pani Gold Project.

Menurut klaim warga, wilayah konsesi tersebut merupakan warisan keluarga turun temurun.

Baca Juga: 10 Polisi Terluka saat Amankan Unjuk Rasa dan Pembakaran Kantor Bupati Pohuwato

Sebagai informasi, Pani Gold Project terletak di Gunung Pani, Desa Hulawa, Kecamatan Buntulia, Kabupaten Pohuwato, dan disebut-sebut menyimpan 275,8 juta ton sumber daya mineral, dengan kandungan emas sebanyak 0,75 per ton atau 6,63 juta ons.

Namun, lahan konsensi itu berada di bawah lokasi yang tumpang tindih, yakni wilayah IUP seluas 100 hektar milik PT PETS dengan operasi produksi antara 2020-2023 dan kontrak karya Generasi V seluas 14.570 milik PT Gorontalo Sejahtera Minim (GSM) dengan operasi 2013-2049.

Saat unjuk rasa terjadi para pegawai yang ada di kantor bupati berusaha menyelamatkan diri.

"Kami sedang menyelamatkan diri, kantor kami sedang terbakar," kata Ariyawan Mohamad, salah seorang pegawai di Kantor Bupati Pohuwato, dikutip dari pemberitaan Kompas.com (21/9/2023).



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x