Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Sopir Truk Tronton yang Tabrak Belasan Pengendara di Bawen Semarang Ternyata Hanya Kantongi SIM A

Kompas.tv - 24 September 2023, 19:14 WIB
sopir-truk-tronton-yang-tabrak-belasan-pengendara-di-bawen-semarang-ternyata-hanya-kantongi-sim-a
Petugas mengevakuasi kendaraan yang terlibat dalam.kecelakaan di simpang exit Tol Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (23/9/2023) malam. (Sumber: Kompas TV/Antara)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Desy Afrianti

SEMARANG, KOMPAS.TV - Polisi mengungkapkan hasil pemeriksaan sementara terhadap sopir truk tronton yang menabrak belasan pengendara baik motor maupun mobil di Exit Tol Bawen, Semarang, Jawa Tengah.

Dari hasil pemeriksaan itu, terungkap bahwa sopir truk tronton tersebut hanya memiliki Surat Izin Mengemudi atau SIM A, bukan SIM B2 Umum.

"Ini tidak sesuai peruntukan, karena SIM A hanya untuk mobil kecil, bukan truk," kata Kapolres Semarang AKBP Achmad Oka Mahendra dikutip dari Kompas.com.

Saat ini, sopir truk tronton berinisial AR tersebut sudah diamankan untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut oleh pihak kepolisian.

Baca Juga: Pengamat soal Kecelakaan di Bawen: Jika Truk Belum Uji KIR, Tanggung Jawab Pengusaha, Bukan Sopir

Selain itu, polisi juga telah melakukan olah tempat kejadian perkara atas peristiwa kecelakaan yang mengakibatkan tiga pengendara motor tewas di tempat.

Menurut Oka, proses olah TKP kecelakaan telah dilakukan oleh Unit Traffic Accident Analysis (TAA) Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Tengah.

“Hasil olah TKP dan pemeriksaan pengemudi truk tersebut akan menjadi pertimbangan untuk menentukan status selanjutnya,” kata Oka di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, pada Minggu (24/9/2023).

Oka memastikan tiga pengendara dilaporkan tewas dalam kecelakaan antara truk dan sejumlah kendaraan bermotor di simpang exit Tol Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (23/9) malam itu.

"Korban meninggal dipastikan tiga orang " ujarnya.

Baca Juga: Apa Penyebab Kecelakaan Truk di Exit Tol Bawen Semarang? Begini Kata Pakar Transportasi Indonesia

Adapun identitas ketiga korban tewas itu sudah teridentifikasi. Mereka masing-masing bernama Rudy Oky Candra dan Aditya Dwiky Hartanto yang masing-masing merupakan warga Pabelan, Kabupaten Semarang. Sedangkan Aldi Eko Saputro adalah warga Banyumanik, Kota Semarang.

Sedangkan satu korban lainnya, lanjut Oka, saat ini dalam kondisi kritis dan membutuhkan perawatan intensif.

Adapun korban luka berat dan ringan, Oka menyebut, tercatat ada 26 orang. Mereka saat ini sedang dirawat di sejumlah rumah sakit.

Sebelumnya, sebuah truk menabrak sejumlah mobil dan sepeda motor di lampu lalu lintas persimpangan exit Tol Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Sabtu malam.


Truk bernomor polisi AD-8911-IA melaju dari utara ke selatan di jalur yang menurun. Saat sampai di simpang exit Tol Bawen, rem truk diduga tidak berfungsi sehingga menabrak sejumlah kendaraan yang sedang berhenti di lampu lalu lintas tersebut.

Baca Juga: Polisi Belum Tetapkan Tersangka Kecelakaan Truk di Exit Tol Bawen Semarang, Sopir Masih Diperiksa

Setidaknya tujuh mobil dan sembilan sepeda motor tertabrak truk yang melaju tak terkendali itu.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x