Kompas TV regional berita daerah

Lukisan di Atas Batu Karya Seniman Madiun, Cocok Untuk Hiasan Rumah

Kompas.tv - 21 September 2023, 21:21 WIB
Penulis : KompasTV Jember

MADIUN, KOMPAS.TV - Melukis pada media kertas atau kain kanvas sudah seringkali kita jumpai. Namun, bagaimana jika melukis dilakukan di atas media batu?

Sekelompok pecinta seni rupa di Kota Caruban Kabupaten Madiun Jawa Timur memanfaatkan batu sebagai media lukis dan hasilnya sungguh menakjubkan.

Adalah komunitas seni rupa caruban di Dusun Maron Kecamatan Wonoasri Kabupaten Madiun yang berkreasi melukis di atas batu. Komunitas dengan 40 anggota itu awalnya melukis pada kain kanvas saja, namun kini juga melukis di atas batu. Ide itu muncul setelah melihat banyaknya batu di kampung mereka.

Batu yang digunakan berbentuk unik. Sebelum digunakan, batu dicuci hingga bersih dan dijemur hingga kering. Selanjutnya batu dilukis menggunakan cat akrilik. Lukisan yang dihasilkan beragam, ada lukisan bertema buah-buahan, hewan hingga lukisan abstrak. Selain batu, para seniman ini ternyata juga membuat karya seni rupa dari biji palm, limbah kayu dan plastik.

Baca Juga: Sensasi Makan Bakso Sapi Limosin Presto, Daging dan Kikil Diseruput

Lukisan batu cocok digunakan sebagai hiasan rumah atau souvenir. Lukisan batu dijual dengan sistem paket atau satuan. Untuk satu paket lukisan batu sebagai hiasan interior rumah dijual dengan harga 1 juta rupiah. Sedangkan untuk satuan sebagai souvenir dijual mulai harga 100 ribu rupiah.

 

#lukisan #batu #seniman



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x