Kompas TV regional berita daerah
advertorial

Sambut HUT KAI ke 78, KAI Divre III Adakan Pengobatan Gratis Dengan Rail Clinic di Stasiun Sukacinta

Kompas.tv - 20 September 2023, 19:39 WIB
sambut-hut-kai-ke-78-kai-divre-iii-adakan-pengobatan-gratis-dengan-rail-clinic-di-stasiun-sukacinta
Pengobatan gratis dengan rail clinic di stasiun sukacinta, merupakan wujud tanggung jawab sosial PT KAI kepada masyarakat, terutama yang tinggal di sepanjang lintas kereta api dan dalam rangka memperingati ulang tahun KAI ke 78. (Sumber: Humas PT KAI Divre III Palembang)
Penulis : KompasTV Palembang

LAHAT, KOMPAS.TV - Sebagai wujud tanggung jawab sosial PT KAI kepada masyarakat, terutama yang tinggal di sepanjang lintas kereta api dan dalam rangka memperingati ulang tahun KAI ke 78, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional III Palembang kembali  menggelar Bakti Sosial berupa Pemeriksaan kesehatan gratis menggunakan Rail Clinic di Stasiun Sukacinta, Rabu (20/9/2023).

Kegiatan pengobatan gratis menggunakan Rail Clinic kembali diadakan setelah selama masa pandemi tidak dilaksanakan. Rail Clinic yang ada Divre III Palembang merupakan rangkaian yang terdiri dari dua kereta retrofit atau kereta rel diesel (KRD) yang telah dimodifikasi seperti poliklinik berjalan, dimana masing–masing memiliki tata ruang dan jenis pelayanan kesehatan yang berbeda. Secara umum, fasilitas pelayanan kesehatan yang akan diberikan di dalam Rail Clinic adalah jenis pelayanan kesehatan primer atau pelayanan tingkat pertama. Rail Clinic ini dibagi menjadi beberapa bagian, yakni ruang monitoring dokter, ruang tindakan, pemeriksaan gigi, dan ruang bersalin. Di kereta pertama, seluruh tindakan medis mulai dari pelayanan darurat meliputi bantuan hidup dasar, alat monitoring pasien, alat kejut jantung, tindakan bedah minor, rekam jantung, hingga penanganan kasus trauma dapat dilakukan. Sementara di kereta kedua terdapat fasilitas untuk tindakan persalinan, ruang pemeriksaan umum dan edukasi, dan ruang farmasi.

Selain itu ada penambahan peralatan medis untuk pemeriksaan mata yang sudah menggunakan alat digital dan dental unit yang dilengkapi TV monitor sehingga memudahkan pemeriksaan gigi.

Deputy Divisi Regional III Palembang PT KAI (Persero), Mohamad Ramdany menjelaskan selain pemeriksaan dan pengobatan gratis bagi masyarakat sekitar stasiun, juga diberikan pemberian kacamata gratis bagi 20 siswa SDN 4 Merapi dan sebagai bentuk sinergi dengan pemerintah daerah Kabupaten Lahat, kegiatan pemeriksaan gratis ini didukung oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Lahat yang memberikan pelayanan sunatan massal, program Keluarga Berencana (KB), support dokter spesialis untuk kegiatan Rail Clinic, Puskesmas Merapi, Forum TJSL Kabupaten Lahat serta tokoh masyarakat di sekitar stasiun Sukacinta.

Selain itu diberikan juga bantuan TJSL/ CSR kepada Puskesmas Merapi berupa alat-alat kesehatan senilai Rp. 23.820.000 dan bantuan alat olahraga bagi masyarakat oleh unit pengamanan sebagai bentuk dukungan hidup sehat bagi warga di sekitar stasiun Sukacinta.

Lebih lanjut Deputy EVP Divisi Regional III Palembang, Mohamad Ramdany menyampaikan bahwa kereta seperti ini untuk kepentingan dinas khusus dalam bentuk pelayanan kesehatan, program ini sebagai langkah kepedulian kami kepada masyarakat di sepanjang jalur rel yang ada secara bergantian. Ini merupakan salah satu bentuk lain dari program CSR di PT KAI, masyarakat dapat memanfaatkan Rail Clinic ini untuk memeriksakan kesehatan secara gratis, diharapkan dengan kegiatan ini akan mempererat silahturahmi dengan masyarakat sekitar, sehingga masyarakat dapat turut aktif  menjaga asset dan keselamatan perjalanan kereta api, ungkap Ramdany.



Sumber : Kompas TV Palembang


BERITA LAINNYA



Close Ads x