Kompas TV regional jawa barat

Kebakaran Taman Nasional Gede Pangrango Hanguskan 3 Hektar Lahan di Alun-Alun Suryakencana

Kompas.tv - 19 September 2023, 15:43 WIB
kebakaran-taman-nasional-gede-pangrango-hanguskan-3-hektar-lahan-di-alun-alun-suryakencana
Kebakaran terjadi di kawasan Taman Nasion Gunung Gede Pangrango (TNGGP), Jawa Barat, tepatnya di Alun-Alun Suryakencana pada Senin (18/9/2023). Tim gabungan berhasil memadamkan api dan luas lahan terbakar 3 hektar. (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Dina Karina | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV- Kebakaran terjadi di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), Jawa Barat, tepatnya di Alun-Alun Suryakencana.

Kepala Balai Besar TN Gunung Gede Pangrango, Sapto Aji Prabowo mengatakan, kebakaran terjadi pada Senin (18/9/2023).

3 hektar lahan terbakar dalam peristiwa itu, namun saat ini sudah berhasil dipadamkan seluruhnya. 

"Untuk perkiraan luasan areal yang terbakar adalah sekitar 3 Ha, dengan vegetasi yang terbakar adalah rumput, Edelweiss dan Cantigi yang berada di lokasi mengarah lereng Gunung Gumuruh," kata Sapto dalam keterangan tertulisnya, Senin (18/9).

Sebagai informasi, Gunung Gemuruh terletak di sebelah Gunung Gede dan bisa dijangkau dari Alun-Alun Suryakencana. 

Baca Juga: Waspada Karhutla, Jalur Pendakian Gunung Lawu Ditutup Mulai Hari Ini 9 September 2023

Sapto menyampaikan, kebakaran pertama kali terpantau secara realtime melalui CCTV pada pukul 12.39 WIB dengan kondisi awal kepulan asap yang terlihat tidak terlalu besar.

"Setelah memastikan informasi hasil CCTV untuk kepulan asap tersebut, segera dilakukan koordinasi dan komunikasi oleh tim BBTNGGP dan dilakukan mobilisasi personal terdekat. Pada jam 14.30, Tim BBTNGGP sudah sampai ke tempat kejadian kebakaran hutan," jelasnya.

Kemudian secara bersamaan, tim lain menyiapkan alat pemadam yang ada dan penyiapan tim TNGGP yang akan dikirimkan untuk melakukan bantuan pemadaman dan kegiatan pasca pemadaman.

Sapto menerangkan, Tim BBTNGGP, masyarakat dan Tim Bersih Gunung kegiatan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan melakukan mobilisasi awal sejumlah 8 (delapan) petugas dan relawan untuk melakukan penanganan awal di titik api pada lokasi Alun-Alun Suryakencana. 



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x