Kompas TV regional sumatra

Bupati Nias Barat Geram, Jalan Provinsi Putus Total

Kompas.tv - 15 September 2023, 17:52 WIB
Penulis : KompasTV Medan

NIAS BARAT, KOMPAS.TV - Jalan provinsi penghubung antar kabupaten di Nias Barat Sumatera Utara putus total, kondisi yang sudah berlangsung satu tahun ini membuat bupati berang saat meninjau lokasi. Kerusakan jalan mengancam Kabupaten Nias Barat menjadi daerah terisolir.

Saat meninjau langsung jalan yang putus total di kawasan Desa Fadoro Hunogoa Kecamatan Hiliserangkai terlihat jalan rusak parah dan putus total, kendaraan dan truk tak dapat melintasi jalan tersebut. 

Kerusakan jalan ini disebutkan akibat longsor tahun lalu yang menyebabkan badan jalan rusak, ditambah lagi geografis yang menanjak membuat kendaraan sulit melintas. 

Jalan provinsi yang merupakan akses utama menghubungkan kota Gunungsitoli menuju Kabupaten Nias , Nias Selatan, dan Nias Barat tersebut memiliki panjang total 70,6 kilometer, kerusakan tercatat 50,8 kilometer dan jalan yang putus total hanya 150 meter.

Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu mengaku sangat geram bahkan telah meminta kepada penjabat sementara gubernur Sumatera Utara untuk mencopot Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Dinas Bina Marga Provinsi  karena dinilai tidak maksimal membenahi jalan tersebut. 

Hingga kini personil Sat Lantas Polres Nias bersama Polsek Sirombu setiap hari  berada di lokasi untuk membantu pengendara roda dua dan anak sekolah yang ingin melewati ruas jalan. (#)

#niasbarat #jalanputus #terisolir #sumaterautara #dinaspu



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x