Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Pianis Anak Hingga Remaja Unjuk Gigi Mainkan Piano Klasik

Kompas.tv - 13 September 2023, 14:17 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Para pianis yang tampil mulai  dari usia 4 hingga 18 tahun satu persatu dari mereka maju di atas panggung tampil memainkan piano klasik. Tak kalah dengan pianis professional, mereka terlihat percaya diri, tenang dan sangat menghayati saat memainkan piano dengan membawakan lagu musik klasik kesukaannya.

Salah satu pianis remaja, Angela Katie Kristianto (14), mengaku menyukai piano sejak kecil dan selalu rutin latihan. Menurutnya musik klasik harus dibawakan dengan penuh jiwa yang mendalam. Angela yang mengidolakan Pianis Lang Lang ini mengungkapkan banyak tantangan memainkan musik klasik baik pada teknik maupun melodinya.

Hal senada diungkapkan Zoe Augusto Pook  (14), ia menyukai piano sejak kecil setelah melihat penampilan seorang pianis memainkan piano. Penasaran iapun terus berlatih dan usahanya tercapai dengan mengikuti berbagai event pertunjukan piano.

“Suka piano sih, suka sendiri, denger-denger juga pianis-pianis hebat kayak Lang Lang, itu yang aku idolakan. Terus ya main musik sih, kadang ada susahnya kadang ada gampangnya, tapi ya bisa enjoy. Bisa berekspresi, bisa imajinasi, terus juga nyenengin kalau udah jadi lagunya,” ujar Angela.

“Saya suka musik klasik sejak sembilan tahun, saya sudah lama suka karena saya denger ada orang yang main, itu menyentuh hati saya,” ucap Zoe.

Founder Yudistira, Midya Wirayan, menegaskan, puluhan pianis yang tampil adalah anak asuhnya, mereka tampil untuk membuktikan keahliannya selama belajar musik piano. Midya berharap Semarang Jawa Tengah juga dikenal tekah melahirkan pianis- pianis yang handal.

“Karena saya ingin menaikan standar musik klasik khususnya di Jawa Tengah, terutama di Semarang dan sekitarnya. Selama ini yang terkenal itu pianis-pianis dari Jakarta, Surabaya, Medan, dan Jawa Tengah ini seperti gak diperhitungkan dan saya sebagai orang Jawa Tengah, saya kelahiran Jogja, dibesarkan di Semarang, saya mempunyai ambisi untuk itu,” tutur Midya Wirayan, Founder Yudistira.

Diharapkan masyarakat akan semakin paham musik klasik yang berkualitas dan bukan asal di mainkan.

#musikklasik #pianis #jawatengah



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x