Kompas TV regional jawa timur

Perajin Boneka di Malang Raup Untung Dari Boneka Maskot Porprov

Kompas.tv - 11 September 2023, 21:28 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV - Seorang perajin boneka di Kota Malang mendapatkan untung dari Pekan Olahraga Provinsi atau Porprov VIII Jatim. perajin boneka ini mendapatkan 1.100 pesanan maskot dari Kota Mojokerto untuk Porprov VIII Jatim.

Lika Souvenir adalah salah satu UMKM yang mendapatkan berkah dari gelaran Porprov VIII Jatim yang digelar 9 hingga 16 September. Di rumahnya kawasan Kedungkandang Kota Malang, Lika bersama karyawannya terlihat sibuk menyelesaikan pesanan boneka maskot Porprov Jatim. Maskot yang ia kerjakan adalah cak condro dari Kota Mojokerto. Maskot cak condro menggambarkan kucing tiga warna.

Sulikah Handayani, perajin boneka ini mengaku saat ini dirinya mendapatkan pesanan 1100 maskot boneka cak condro. Menurut Lika, membuat maskot memiliki kesulitan tersendiri dibanding boneka pada umumnya. Dalam membuat maskot, Lika harus bisa menerjemahkan keinginan pemesan. Tak jarang, Lika harus melakukan revisi desain berulang kali hingga desain sesuai dengan yang diharapkan pemesan.

Untuk menyelesaikan 1100 boneka maskot ini, Lika melibatkan 13 penjahit harian serta melibatkan beberapa tetangga sekitar rumahnya.

"Maskot itu ada kesulitan, karena gambar grafis itu imajinasinya sebuah perusahaan yang belum pernah dijadikan dalam bentuk pola 3d, biasanya saat saya buat pola boneka harus revisi," Ujar Lika.

Sebelumnya Ia bersama karyawannya biasa mengerjakan boneka Kpop. Namun akhir akhir ini, Lika lebih fokus mengerjakan boneka maskot atau souvenir perusahaan yang menurutnya masih memiliki pasar yang besar.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x