Kompas TV regional sumatra

Polda Lampung Tes DNA Ungkap Identitas 4 Jasad yang Ditemukan Tanpa Kepala, Kaki dan Tangan

Kompas.tv - 11 September 2023, 06:25 WIB
polda-lampung-tes-dna-ungkap-identitas-4-jasad-yang-ditemukan-tanpa-kepala-kaki-dan-tangan
Kapolda Lampung Irjen Helmy Santika. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Desy Afrianti

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Polda Lampung melakukan tes DNA untuk mengungkap identitas empat jasad yang ditemukan tanpa kepala di pesisir pantai Kabupaten Lampung Selatan dan Kabupaten Tanggamus.

Kapolda Lampung Irjen Helmy Santika mengatakan tes DNA yang dilakukan pihaknya untuk mempermudah penyelidikan kepolisian.

"Kami akan melakukan penyelidikan DNA keluarga dari keempat mayat tersebut guna mengetahui identitasnya," kata Helmy dalam keterangannya pada Minggu (10/9/2023).

Baca Juga: Joko Santoso Dicopot dari Ketua DPC Gerindra Semarang Buntut Dugaan Pemukulan ke Kader PDIP

Ia mengatakan hingga saat ini kepolisian masih melakukan penyelidikan, khususnya terkait identitas empat jasad tanpa kepala tersebut. Sebab, ketika ditemukan keempatnya tidak terdapat identitas.

"Oleh karena itu, untuk mempermudah penyelidikan kami meminta warga yang mengetahui memberikan informasi kepada polisi,” ujar Helmy.

“Informasi sekecil apa pun akan sangat berarti untuk mempermudah penelusuran, kemudian bila ada keluarga yang kehilangan anggota keluarganya segera lapor ke kepolisian terdekat.”

Helmy pun menambahkan bahwa penemuan tiga dari empat jasad tanpa kepala itu terjadi dalam dua hari berurutan.

Rinciannya, dua jasad ditemukan di pesisir Kabupaten Lampung Selatan, dan satu jasad lainnya ditemukan di pesisir Kabupaten Tanggamus.

Baca Juga: Ibu di Tangerang Dibunuh Teman Anaknya, Pelaku Sakit Hati Ditagih Utang dengan Bunga 100 Persen

"Sedangkan satu jasad lainnya ditemukan pada 15 Agustus 2023 di Tanggamus," ucap Helmy.

Dari empat jasad yang ditemukan itu, kata Helmy, terdapat kesamaan, yakni bagian kepala, tangan dan kaki hilang, serta kondisinya yang mulai membusuk.

Selain melakukan tes DNA, Tim Biddokes Polda Lampung juga direncanakan akan melakukan autopsi terhadap jasad-jasad tersebut pada Senin (11/9/2023). 

“Autopsi ini dilakukan untuk mengetahui penyebab kematian dan perkiraan berapa lama waktu kematian dari jasad itu," kata Helmy


Diketahui, dalam kurun waktu hampir satu bulan, sebanyak empat jasad tanpa identitas dengan bagian kepala hilang ditemukan di perairan Provinsi Lampung. 

Satu mayat ditemukan pada 15 Agustus 2023 di Tanggamus, dua mayat ditemukan di Lampung Selatan pada (6/9) September dan satu mayat ditemukan di Tanggamus pada (7/9/2023).

Baca Juga: Anggota TNI yang Lawan Arah Timbulkan Kecelakaan di Tol MBZ Diamankan, Kondisinya Disebut Syok



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x