Kompas TV regional jawa barat

Dua Tahun Menjabat, Bupati Bandung Raih 193 Penghargaan

Kompas.tv - 9 September 2023, 09:40 WIB
dua-tahun-menjabat-bupati-bandung-raih-193-penghargaan
 
Penulis : KompasTV Bandung

KAB BANDUNG - Berbagai elemen masyarakat di Kabupaten Bandung mengapresiasi kinerja dan pencapaian Bupati Bandung, Dadang Supriatna yang dibuktikan dengan ratusan penghargaan yang telah diraih. Padahal, Dadang Supriatna, baru menjabat Bupati Bandung selama dua tahun empat bulan.

Hal tersebut banyak disampaikan masyarakat dalam kegiatan Rembug Bedas yang dilaksanakan Pemkab Bandung di belasan desa di sejumlah kecamatan di Kabupaten Bandung.

Rembug Bedas adalah ajang silaturahmi Bupati dan jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dengan masyarakat desa untuk membangun partisipasi masyarakat dalam pembangunan sekaligus menjaring aspirasi masyarakat, serta dalam rangka menyampaikan program-program pembangunan di Kabupaten Bandung.

Meski belum genap 2,5 tahun menjadi orang nomor satu di Kabupaten Bandung, menurut mereka, Bupati Dadang Supriatna telah membuktikan janji-janji politiknya. Seperti yang disampaikan sejumlah tokoh masyarakat di Desa Bumiwangi, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung.

Agus (43), Ketua RW 10 Desa Bumiwangi mengatakan selama dua tahun ini kinerja Bupati Bandung sangat luar biasa. Indikatornya, kata dia, berbagai program yang digulirkan Bupati Bandung dirasakan betul manfaatnya oleh masyarakat.

"Terus terang kami warga Desa Bumiwangi sangat mengapresiasi kinerja Pak Bupati. Luar biasa Pak Bupati ini. Kami masyarakat di bawah merasakan betul manfaat program-program yang berjalan seperti program pemberian insentif RT/RW dan PKK," ujar Agus dalam acara Rembug Bedas di GOR Desa Bumiwangi, Jum'at (8/9/2023).

Menurutnya, sejak menjabat Bupati Bandung, insentif para Ketua RT/RW di Kabupaten Bandung naik drastis. Selain itu, program dana bergulir tanpa bunga dan tanpa jaminan juga sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat kecil.

"Alhamdulillah dengan adanya program pinjaman tanpa bunga dan tanpa agunan ini, banyak masyarakat kami yang sekarang bisa berwirausaha. Di sini banyak tumbuh UMKM berkat program tersebut. Terima kasih Pak Bupati," ujar Agus berapi-api.

Selain banyak menumbuhkan wirausahawan baru dan mengurangi jumlah pengangguran, menurut dia, program dana bergulir tanpa bunga dan tanpa jaminan itu juga efektif menangkal bank emok alias rentenir yang sebelumnya banyak menjerat masyarakat.

Heni Nuraeni (37), salah seorang guru ngaji di Desa Bumiwangi juga mengungkapkan hal serupa. Heni mengaku tidak terkejut jika Bupati Bandung menerima banyak penghargaan dari pemerintah pusat maupun dari lembaga dan instansi tinggi lainnya.

 

Pasalnya, kata dia, berbagai program yang digagas Bupati Bandung sudah dirasakan oleh berbagai elemen masyarakat. Diantaranya, kata dia, yakni program pemberian insentif bagi para guru ngaji di Kabuoaten Bandung dan juga program Besti (beasiswa ti Bupati).

"Alhamdulillah program Bapak Bupati sudah kami rasakan. Saya guru ngaji di Desa Bumiwangi, alhamdulillah sekarang kami setiap bulan mendapat insentif. Alhamdulillah baru sekarang para guru ngaji diperhatikan," ujar Heni seraya disambut tepuk tangan ratusan warga yang hadir.

Warga lainnya, Irpan (40) mengatakan banyak masyarakat sangat terbantu dengan adanya program perbaikan ribuan rutilahu dan dana bergulir tanpa bunga dan tanpa jaminan yang digulirkan Bupati Bandung.

Ia juga mengaku sangat mengapresiasi berbagai prestasi dan pencapaian Bupati Bandung selama menjabat Bupati Bandung kurang lebih dua tahun empat bulan. Menurutnya, salah satu kunci sukses Bupati Bandung adalah karena ia mau mendengar aspirasi dan masukan dari masyarakat.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x