Kompas TV regional berita daerah

Musim Kemarau Panjang Picu Kenaikan Harga Beras

Kompas.tv - 8 September 2023, 10:23 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Pantauan di pasar pagi Kota Tegal, Senin siang, harga beras jenis premium terus merangkak naik dari Rp 13.000 per kilogram menjadi Rp 15.000 per kilogram untuk harga eceran, dan Rp 14.500 untuk setiap pembelian perkantong 25 kilogram.

 

Sementara itu, harga beras jenis medium non-Bulog dijual Rp 12.000 per kilogram, sedangkan beras medium Bulog di pasaran dijual Rp 9.450 per kilogramnya. Salah seorang pedagang sembako mengatakan melonjaknya harga beras di pasaran akibat musim kemarau panjang dan banyak petani gagal panen.

 

Sejak dua bulan terakhir ini para pedagang hanya mendapat kiriman pasokan 5 ton beras, dari biasanya dalam sebulan mendapat pasokan dari agen sebanyak 15 ton beras. Meski di tokonya saat ini menyediakan beras murah dari Bulog, namun kebanyakan pembeli lebih memilih beli beras medium non-Bulog walau harganya jauh lebih mahal, selisih Rp 3.000 perkilonya.

 

Pedagang memperkirakan harga beras medium dan beras premium dalam beberapa pekan ke depan masih akan terus melonjak, mengingat saat ini daerah sentral penghasil padi banyak belum panen.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x