Kompas TV regional papua maluku

Polda Papua Barat Siapkan Personil Hadapi Ancaman Gangguan Kamtibmas Pemilu 2024

Kompas.tv - 7 September 2023, 19:18 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

MANOKWARI, KOMPAS.TV - Puluhan personel Direktorat Samapta Polda Papua Barat, mempertunjukan kemampuan dalam menghadapi gangguan kamtibmas yang terjadi ditengah masyarakat saat pemilu 2024.

Dimana terlihat, puluhan personel samapta dengan menggunakan kendaraan roda dua, sigap dan tenang melakukan upaya secara persuasif terhadap kelompok anak muda yang sedang berpesta pora di jalan raya.

Ini merupakan simulasi  ancaman gangguan kamtibmas saat pemilu 2024. Dimana dalam setiap penanganan gangguan kamtibmas, personel polisi dituntut untuk respon cepat, tepat dan tegas, sehingga potensi gangguan kamtibmas dapat dinetralisir sejak dini.

Tidak hanya itu, kematangan analisis juga harus dimiliki oleh anggota Polisi, agar tidak salah dalam melakukan langkah penegakan hukum di lapangan.

Disamping memberikan rasa aman kepada masyarakat, polisi juga harus mampu melindungi diri dari serangan massa. Sebab umumnya, dalam setiap unjuk rasa dan gangguan kamtibmas yang anarkis, tidak hanya masyarakat atau pendemo yang menjadi korban, lebih-lebihnya banyak anggota Polisi ikut menjadi korban.


Kapolda memerintahkan, polres jajaran dapat melaksanakan latihan peningkatan kemampuan serupa, kepada personelnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x