Kompas TV regional berita daerah

Hari Pelanggan Nasional, BPJS Ketenagakerjaan Sapa Warga di Pasar

Kompas.tv - 7 September 2023, 12:46 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Memperingati hari pelanggan nasional, Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, Anggoro Eko Cahyo menyapa pedagang di Pasar Tradisional Way Halim Bandar Lampung.

Kunjunganya ini sekaligus untuk melakukan sosialasi tentang pentingnya terdaftar di BPJS ketenagakerjaan dengan berbagai keunggulannya.

Baca Juga: Gandeng JICA, Mahkmah Agung Beri Pelatihan HAKI ke Hakim Pengadilan Negeri Tanjung Karang

Dalam kegiatan ini, ditemukan masih banyak para pedagang yang belum terdaftar sebagai peserta BPJS ketengakerjaan. Sehingga mereka diberi pemahamahan bahwa BPJS ketenagakerjaan tidak hanya untuk pekerja kantoran, melainkan juga bisa digunakan oleh pekerja mandiri agar mendapat perlindungan dari negara seperti jaminan kecelakaan kerja, jaminan pensiun, jaminan kematian, jaminan hari tua hingga jaminan kehilangan pekerjaan.

Anggoro Eko Cahyo mengatakan  akan memperbaiki pelayanan di kantor cabang BPJS ketenagakerjaan agar dapat semakin memudahkan masyarakat dalam mendaftar, membayar hingga mendapat keuntungannya sebagai peserta.

"Mereka semua para pedagang, pekerja informal dan pekerja mandiri itu juga bisa dilindungi, jangan sampai mereka berpikir bpjs ketenagakerjaan cuma hanya untuk pekerja kantoran," ujar Anggoro Eko Cahyo, Dirut BPJS Ketenagakerjaan.

Manfaat BPJS ketengakerjaan sudah dirasakan oleh seorang pelajar bernama Juman Karimani Kamilah, ia mengaku mendapat santunan dan beasiswa pendidikan setelah sang ayah meninggal dunia.

Beasiswa yang ia dapat sejak di bangku SMP hingga ke perguruan tinggi.

"Dapet bpjs dari tahun 2021, biaya pendidikan dari kelas 8 SMP sampai kuliah. Pendidikan kita dijamin banget," ujar Juman Karimani Kamilah,Penerima Manfaat BPJS Ketenagakerjaan.

Sosialisasi langsung dengan mendatangi warga di pasar tradisional ini dinilai cukup efektif, pasalnya tidak sedikit warga mulai memahami tentang pentingnya menjadi peserta BPJS ketengakerjaan hingga mereka pun mulai mendaftarkan diri secara langsung.

Selain memberi sosialisasi, kegiatan ini juga digelar senam bersama dalam menjaga kebugaran tubuh serta dihibur dengan pemberian berbagai hadiah untuk warga.

#bpjs #pedagang #pelanggan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x