Kompas TV regional sumatra

Mantan Wali Kota Pematang Siantar Gugat KPK sebesar Rp45 Miliar

Kompas.tv - 7 September 2023, 03:40 WIB
mantan-wali-kota-pematang-siantar-gugat-kpk-sebesar-rp45-miliar
Ilustrasi. (Sumber: pixabay.com)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Deni Muliya

PEMATANG SIANTAR, KOMPAS.TV  -  Mantan Wali Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara, Robert Edison (RE) Siahaan, menggugat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) total senilai Rp45.250.000.000.

Gugatan tersebut diajukan di Pengadilan Negeri Pematang Siantar dan terdaftar dalam perkara No:73/Pdt.G/2023/PN-Pms pada 20 Juli 2023. 

Selain KPK sebagai tergugat I, terdapat tergugat lainnya yakni Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) sebagai tergugat II, Badan Pertanahan Nasional (BPN) sebagai tergugat III, dan pemenang lelang yakni ahli waris Almarhum Esron Samosir selaku tergugat IV.  

RE Siahaan menuntut rumah di atas tanah miliknya diganti rugi secara tanggung renteng dengan total kerugian materil dan immateril senilai Rp 45.250.000.000.  

Sidang perdana perkara tersebut digelar Rabu (23/8/2023) dengan agenda pemeriksaan para pihak, namun tidak dihadiri pihak tergugat I, III, dan IV.  

Baca Juga: Absen Mediasi, Panji Gumilang Lewat Kuasa Hukumnya Cabut Gugatan Rp 1 Triliun!

Majelis yang memimpin sidang perkara itu adalah Renni Pitua Ambarita sebagai Ketua Majelis Hakim dan hakim anggota Nasfi Firdaus serta Katarina Siagian.

Selanjutnya, sidang kedua pada Rabu (6/9/2023), tergugat IV kembali mangkir dari panggilan sidang.

Penggugat RE Siahaan hadir dalam persidangan didampingi istrinya Elfrida Dorowati Hutapea.  

Ketua majelis hakim akhirnya memutuskan untuk melanjutkan sidang pada 20 September 2023.  

"Hari ini masih agenda pemeriksaan para pihak dan ternyata yang enggak lengkap itu tergugat IV. Tergugat empat tidak hadir," ujar Daulat Sihombing, kuasa hukum RE Siahaan usai persidangan di PN Pematang Siantar, Rabu.  

"Hakim memverifikasi panggilan, ternyata sudah dilayangkan surat ke alamat yang baru. Namun, tergugat IV tidak hadir. Jadi masih ada kesempatan lagi untuk dipanggil," ucapnya, dikutip Kompas.com.  

Perkara itu berawal saat RE Siahaan menjabat sebagai Wali Kota Pematang Siantar periode 2005-2010 dan menjadi tervonis kasus korupsi pengelolaan bantuan sosial Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pematang Siantar Tahun Anggaran 2007 sebesar Rp 10,5 miliar.  

Dalam sidang yang dilaksanakan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Medan, Sumut, pada Selasa (6/3/2012), majelis hakim menjatuhkan vonis pidana penjara selama delapan tahun untuk RE.

Hakim berpendapat, RE Siahaan terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi.  

Selain pidana penjara, ia juga wajib membayar denda sebesar Rp 100  juta dengan subsider kurungan selama empat bulan, serta wajib membayar uang pengganti (UP) Rp 7.710.631.000 dalam tempo satu bulan.  

Jika tidak dibayar dan harta benda tidak mencukupi untuk membayar, maka diganti dengan pidana penjara selama 4 tahun.  

"RE tidak memiliki cukup harta untuk membayar UP dan akhirnya harus menjalani hukuman tambahan empat tahun. Sehingga dia harus menjalani hukuman dua belas tahun," kata Daulat.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x