Kompas TV regional berita daerah

Pelayanan Tahanan Rutan Kelas I Makassar Gagas A Bulo Untuk Minat Baca Rutan I Makassar

Kompas.tv - 6 September 2023, 14:55 WIB
pelayanan-tahanan-rutan-kelas-i-makassar-gagas-a-bulo-untuk-minat-baca-rutan-i-makassar
Pelayanan Tahanan Rutan Kelas I Makassar melalui Kepala Seksi Pelayanan Agga Satrya  menggagas proyek perubahan pada Program Pelatihan Pengawas (PKP) IV 2023 Asongan Buku Blok  (A’Bulo) Rutan Kelas I Makassar (Sumber: Rutan Makassar)
Penulis : KompasTV Makassar

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Pelayanan Tahanan Rutan Kelas I Makassar terus dikembangkan.  Kali ini   Kepala Rutan  Makassar Muh Muhidin melalui Kepala Seksi Pelayanan Agga Satrya  menggagas proyek perubahan pada Program Pelatihan Pengawas (PKP) IV 2023 Asongan Buku Blok  (A’Bulo) Rutan Kelas I Makassar.  Inovasi ini terinspirasi dari  tugas keseharian melayani kurang lebih 1907 (data pertgl  4/9) warga binaan yang menempati Sembilan Blok Napi/Tahanan/Perempuan/Anak, dengan berbagai problem. Salah satunya membuat mereka gembira dengan memanfaatkan  A’Bulo.

A'Bulo ini, dalam Bahasa Makassar Bersatu. Bersatu dimaknai kebersamaan sebagai warga binaan sesama blok (Gedung hunian) terjaga. Membangun kebersamaan ini, dilakukan dengan meningkatkan minat baca yang bernilai rekreasi. 

“Mereka membaca dengan gembira, semangat mereka dibangkitkan dengan membaca,’’ kata Angga saat berdiskusi dengan salah satu tim eksternal dari Lembaga Study Kebijakan Publik (LSKP) Makassar Drs. Andi Yudha Yunus dan Abd Naris Agam, di ruang kerjanya, Rutan Kelas I Makassar, Selasa (4/9). Dalam pertemuan ini, hadir pula tim magang Mahasiswa Psikolog Universitas Negeri Makassar.

Dalam diksuksi, Angga memaparkan kendala  yang dihadapi  dalam memajukan minat baca warga binaan; Sembilan blok yang ada, tidak bisa mereka saling menghubungi. Perpustakaan adanya di Masjid. Warga binaan hanya bisa membaca sewaktu-waktu saja. Pembatasan pergerakan dengan sistem blok, jadi kendala utama sehingga Angga akan menggagas Asongan Buku Blok (A’Bulo).  Bagaimana A’ Bulo efektif,  bagaimana menggerakkan minat baca secara partisipatif. 

Difasilitasi Yudha Yunus, A’Bulo akan menjadi inovasi di Rutan Kelas I Makassar,  diharapkan menjadi penyumbang dalam  program ketiga, dari tujuh prioritas  pembangunan nasional, meningkatkan sumber daya manusia  berkualitas dan berdaya saing. A’Bulo merupakan proyek inovasi  yang memanfaatkan potensi-potensi yang ada di Rutan. 

Saat ini Rutan Kelas I Makassar berpenghuni 1907, mendiami Sembilan blok, termasuk satu blok perempuan, yang disediakan juga untuk tahanan yang membawa anak. Anak menyertai ibunya berusia 2 tahun ke bawah. 

Perpustakaan Rutan Kelas I Makassar, saat ini memiliki 1000 judul. Koleksi ini anak akan beredar ke blok-blok. Pembentukan komunitas blok, duta blok atau paccarita blok  alternatif  untuk menggerakkan  warga binaan.  Disamping LSKP, tim ekternal lainnya. Dinas Perpustakaan Kota Makassar,  Universitas Negeri Makassar dan Ketua Forum Wartawan Perempuan, dan Media Peduli Literasi.



#Literasi
#tahananrutanmakassar
#bacabukunarapidana



Sumber : Kompas TV Makassar


BERITA LAINNYA



Close Ads x