Kompas TV regional sulawesi

Warga Diimbau Untuk Segera Memvaksinasi Rabies Hewan Peliharaan

Kompas.tv - 6 September 2023, 10:10 WIB
Penulis : KompasTV Manado

MANADO, KOMPAS.TV- Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara mengimbau masyarakat pemilik hewan peliharaan seperti anjing dan kucing agar melakukan vaksinasi rabies sebagai kontribusi menekan penyebaran virus rabies.

Penyuntikkan vaksin rabies menjadi langkah preventif dalam menekan angka penularan penyakit rabies baik kepada hewan-hewan peliharaan maupun menghindari angka gigitan hewan penular rabies kepada manusia.

Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Peternakan Daerah Sulawesi Utara Hanna Olly Tioho mengatakan, setidaknya ada 270 ribu hewan penular rabies seperti anjing - kucing dan monyet yang terdata oleh pemerintah data.

Sayangnya tingkat kesadaran masyarakat pemilik hewan untuk menyuntikkan vaksin rabies masih tergolong rendah. Tahun 2023 Pemprov Sulut menganggarkan sebanyak 15 ribu vaksin rabies untuk hewan peliharaan di Sulut.

Diharapkan pemerintah dan kabupaten kota se-sulut pun mengalokasikan anggaran untuk pengadaan vaksin rabies untuk mengurangi penularan rabies terutama kepada manusia.

Data yang dihimpun dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulut, terdapat 3.007 kasus gigitan hewan penular rabies yang terjadi di 15 Kota dan Kabupaten di Sulut selang januari hingga Juni 2023 . Dari ribuan kasus gigitan hewan penular rabies ini, 9 orang meregang nyawa pasca terinfeksi rabies.

#kompastvmanado #pemprovsulut #rabies

Yannemieke Singal Kompas tv Manado

Saksikan Siaran Kompastv :

Chanel 46 UHF

Fb : Kompastv Manado

Yt : Kompastv Manado

Alamat Studio Kompastv Manado

Jl.Anugerah No.08 Kelurahan Winangun

Kecamatan Malalayang, Kota Manado

Sulawesi Utara



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x