Kompas TV regional berita daerah

Petugas Gabungan Padamkan Api di Hutan Pemalang

Kompas.tv - 5 September 2023, 18:53 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Polisi TNI bersama BKSDA serta masyarakat peduli api bahu membahu memadamkan kobaran api di sekitar hutan Desa Kebon Gede, Bantarbolang, Kabupaten Pemalang. Meski kecil, kobaran api tetap membahayakan karena musim kemarau tiba.

 

Diketahui api berasal dari pembakaran yang dilakukan petani untuk membuka lahan. Namun biasanya api akan membesar apabila tetap didiamkan tanpa adanya penanganan.

 

Saat patroli, petugas gabungan biasanya mendapat info kebakaran lahan dari masyarakat yang peduli akan ekosistem hutan. Masyarakat, terutama petani, diimbau tidak membakar lahan terutama di dekat hutan.

 

Sementara data dari Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Jateng, hampir tiap hari ada laporan kebakaran lahan. Namun berkat kesigapan petugas dan relawan, api berhasil dipadamkan sebelum membesar.

 

Selain melakukan patroli, petugas juga terus memberi pemahaman tentang kebakaran hutan di acara Jumat Curhat. Kegiatan ini merupakan upaya dari Polres Pemalang mengantisipasi adanya kebakaran hutan jati di wilayah mereka.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x