Kompas TV regional berita daerah

TNI Panen Padi Anti Stunting, Bantu Warga Kurang Gizi

Kompas.tv - 4 September 2023, 23:24 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Padi anti stunting varietas Protani Protangguh merupakan uji coba perdana yang ditanam di lahan demplot milik Koramil Wonopringgo. Padi Protani Pro Tangguh yang dipanen merupakan kerjasama antara Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto dengan Kodim 0710 Pekalongan.

 

Tanaman padi ini kaya akan protein dan sangat bagus untuk dikonsumsi dalam mencegah dan menurunkan angka stunting. Pada panen perdana kali ini, TNI berhasil mengangkut 17 kuintal gabah yang siap dibagikan kepada warga, terutama untuk mereka yang mempunyai balita.

 

Karena padi anti stunting merupakan upaya dari TNI, terutama Kodim 0710, untuk mencegah dan menurunkan angka balita gizi buruk.

 

Saat ini, varietas padi Protani Protangguh sementara hanya cocok ditanam untuk lahan kering, sehingga tidak bisa ditanam sepanjang musim atau saat musim penghujan. Menurut salah seorang petani yang juga memakai varietas yang sama dengan Kodim, padi yang ditanam hasilnya lebih baik dibandingkan dengan varietas lain.

 

Dalam panen perdana itu, Kodim 0710 juga memberikan bantuan berupa sembako kepada balita kurang gizi dan masyarakat kurang mampu. Berharap dengan adanya padi anti stunting yang dipanen perdana bisa menekan angka stunting.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x