Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Atasi Pengangguran Terdidik, Kemendikbudristek Berikan Program Wirausaha Merdeka

Kompas.tv - 4 September 2023, 16:13 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Mahasiswa dari dua puluh tiga kampus di Indonesia dilatih untuk bisa berwirausaha oleh Kementrian Pendidikan di Kampus Udinus Semarang. Dalam pelatihan tersebut mereka diajarkan bagaimana berwirausaha melalui program wirausaha merdeka 2023.

Program Wirausaha Merdeka ini merupakan ide dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang melihat terdapat banyak pengangguran terdidik saat ini. Sehingga memberikan pelatihan kewirausahaan kepada para mahasiswa menjadi salah satu solusinya. Sejak tahun 2022 pihaknya sudah memiliki 17 kampus sebagai mitra yang tersebar di seluruh Indonesia, sedangkan saat ini sudah menjadi 34 empat kampus termasuk salah satunya Udinus.

Sehingga diharapkan setelah lulus nanti para mahasiswa tak hanya bisa menggunakan ijazah sarjananya, namun juga memiliki skill berwirausaha untuk membuka lapangan kerja bagi mereka sendiri. Selain itu pihak Kemendikbudristek menggandeng perusahaan untuk bisa berbagi pengalaman maupun kendala dalam berwirausaha.

“Jadi ouputnya memang kita ingin para mahasiswa nanti sebanyak 12.000 orang lebih untuk mendapatkan pengalaman berwirausaha dan bahkan sampai mereka membuat prototype dari ide-ide mereka sendiri sehingga akan membuka peluang bagi mereka terlepas dari menjadi sarjana, mereka juga terbuka peluangnya untuk menjadi wirausaha.” Ujar Shandy Aditya, Pelaksana Pusat Wirausaha Merdeka Kemendikbudristek.

Erlinda Febriani, mahasiswa Udinus yang mengikuti program tersebut mengaku, tertarik karena banyaknya persaingan dan sedikitnya lapangan kerja. Menurutnya dengan program ini dia bisa belajar cara berwirausaha yang baik dan benar, dan apa yang nantinya bisa menjadi fokus wirausaha yang harus digelutinya.

“Kalau saya tidak dapat peluang menjadi seorang karyawan, saya bisa menconba hal lain yaitu menjadi seorang wirausahawan. Dengan saya mengikuti program Wirausaha Merdeka ini, saya bisa belajar lebih lanjut bagaimana caranya menjadi seorang wirausaha, dimulai dari sekarang dan dilanjut sampai nanti lulus kuliah saya bisa mengimplementasikan apa yang saya dapatkan selama mengikuti program wirausaha Merdeka ini," tutur Erlinda.

Total peserta yang mengikuti program wirausaha merdeka di kampus Udinus ini mencapai 400 peserta yang terdiri dari 60 persen mahasiswa Udinus dan sisanya berasal dari kampus lain. Sedangkan dosen pembimbing mencapai 40 orang, dan terdapat 40 lebih mitra UMKM yang bermitra, tersebar di Semarang, Jawa Tengah dan Kediri, Jawa Timur.

#mahasiswa #kemendikbudristek #udinus



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x