Kompas TV regional sumatra

Kapolres Dairi AKBP Reinhard Dicopot dari Jabatannnya Gara-gara Pukul 2 Anak Buah Sampai Masuk RS

Kompas.tv - 1 September 2023, 10:42 WIB
kapolres-dairi-akbp-reinhard-dicopot-dari-jabatannnya-gara-gara-pukul-2-anak-buah-sampai-masuk-rs
Potret Kapolres Dairi AKBP Reinhard H. Nainggolan. Kapolda Sumatera Utara Irjen Agung Setya akhirnya mencopot  AKBP Reinhard Nainggolan dari jabatannya sebagai Kapolres Dairi pasca viral aksi Kapolres aniaya dua anak buahnya berujung masuk rumah sakit. (Sumber: Dok. Polres Dairi)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Gading Persada

MEDAN, KOMPAS.TV - Kapolda Sumatera Utara Irjen Agung Setya akhirnya mencopot  AKBP Reinhard Nainggolan dari jabatannya sebagai Kapolres Dairi.

Pencopotan itu diduga buntut tindakan AKBP Reinhard Nainggolan yang memukul dua anggotanya, Bripka David Sitompul dan Bripka Hendrik Simatupang hingga masuk rumah sakit.

Sebagai gantinya, Kapolda Sumut Irjen AGung Setya menunjuk AKBP Roni Nikolas sebagai Kapolres Dairi untuk sementara waktu.

Baca Juga: 2 Anggota Polres Dairi Dianiaya Atasannya, Korban Ngaku Ditampar Gara-Gara Tak Jawab Panggilan

"Mulai hari ini, saya menugaskan AKBP Roni Nikolas untuk sementara memimpin jalannya kegiatan operasional dan pembinaan di Polres Dairi," kata Agung melalui video yang dikutip dari akun Instagram @poldasumaterautara, Kamis (31/8/2023).

Setelah dicopot dari jabatannya, Irjen Agung mengatakan, AKBP Reinhard Nainggolan akan menjalani pemeriksaan.

"Terkait dengan kejadian di Polres Dairi, hari ini masih dilakukan pemeriksaan terhadap AKBP RHN," ujar Agung.

Sebelumnya diberitakan Kompas.tv, Kapolres Dairi AKBP Reinhard Nainggolan memukul dua anggotanya, Bripka David Sitompul dan Bripka Hendrik Simatupang, hingga masuk rumah sakit.

Pemukulan itu terjadi pada 28 Agustus 2023 karena AKBP Reinhard melihat tidak ada yang berjaga piket sekitar pukul 04.00 WIB.

Baca Juga: Pengakuan Bripka David Dianiaya Kapolres Dairi: Tangan Dipegangi saat Dipukul hingga Ditarik Provos

Reinhard kemudian memanggil petugas piket lewat handy talky (HT), tetapi tidak ada jawaban. Dia kemudian mengumpulkan semua anggota, termasuk Bripka David dan Bripka Hendrik, hingga pemukulan tersebut terjadi.


Berdasarkan video dari rekaman CCTV, awalnya terlihat ada beberapa personel polisi yang dibariskan di lapangan.

Lalu, Bripka David Sitompul ditarik oleh beberapa personel yang mengenakan baret biru, kemudian disusul Kapolres Dairi yang saat itu mengenakan singlet biru dan celana pendek.

Setelah tarik menarik terjadi, Bripka David memasuki barisan bersama personel Polantas. Tak berselang lama, Bripka David Sitompul kembali ditarik oleh petugas Propam.

Tanpa basa-basi, Kapolres Dairi AKB Reinhard langsung melayangkan tangan sebelah kanannya ke arah wajah Bripka David.

Baca Juga: Kapolres Dairi AKBP Rainhat Nenggolan Pukul Dua Polisi karena Tak Jawab Handy Talky

Ketika korban Bripka David menanyakan apa kesalahannya. Ia malah ditampar Kapolres Dairi sembari dirinya ditarik oleh Provos.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x