Kompas TV regional jawa tengah dan diy

FKUB Jateng Ingatkan Pentingnya Kerukunan Di Tahun Politik

Kompas.tv - 25 Agustus 2023, 14:57 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jawa Tengah melalui Forum Group Discussion (FGD) mengajak umat beragama bersatu untuk memerangi perpecahan akibat pesta pemilu.

Ketua FKUB Jateng Taslim Syahlan mengatakan potensi perpecahan antar agama saat pemilu cukup rawan. Pihaknya menyamakan persepsi dan visi terkait tahun politik yang biasanya eskalasi politik naik tajam hingga menimbulkan terbelahnya pilihan antar parpol.

Taslim juga menegaskan agama bukan bagian dari komoditi politik sehingga potensi perpecahan bisa dihindari. Agama harus menjadi inspirasi dalam berkegiatan. Perpecahan tidak akan terjadi jika antar umat beragama saling menjunjung tinggi toleransi. Bahkan, toleransi harus berinovasi mengikuti kondisi dan perkembangan zaman. Artinya jika suasana toleransi timbul dengan saling menghormati perbedaan, maka akan tumbuh inovasi, ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Agama harus menjadi berkah bagi semua. Khususnya pada tahun ini, tahun politik, biasanya eskalasi pilihan-pilihan atau keyakinan-keyakinan politik itu naik tajam, dan menimbulkan terbelahnya antar kelompok partai politik, " Taslim Syahlan, Ketua FKUB Jateng. 

Sikap menghargai perbedaan juga harus dilakukan setiap lapisan masyarakat. Hal ini akan berdampak pada kehidupan bermasyarakat yang semakin harmonis.

#fkub #pemilu #politik 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x