Kompas TV regional jabodetabek

TransJakarta Operasikan 52 Bus Listrik, Ini Rute-rute yang Dilewati

Kompas.tv - 24 Agustus 2023, 10:07 WIB
transjakarta-operasikan-52-bus-listrik-ini-rute-rute-yang-dilewati
PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) telah mengoperasikan 52 unit bus listrik sampai saat ini. Puluhan bus ramah lingkungan itu bertugas melayani penumpang di tiga rute. (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) telah mengoperasikan 52 unit bus listrik sampai saat ini. Puluhan bus ramah lingkungan itu bertugas melayani penumpang di tiga rute. 

"Bus listrik ini beroperasi di tiga rute, yang kita khususkan di satu wilayah di Jakarta Selatan untuk kita pantau emisi yang dikeluarkan, apakah sudah bisa berkontribusi untuk menurunkan emisi di Jakarta," kata Direktur Operasi dan Keselamatan TransJakarta Daud Joseph kepada wartawan di Jakarta, Rabu (23/8/2023).

Berikut adalah rute bus listrik TransJakarta:

1. Lebak Bulus-Universitas Indonesia (UI) 

2. Kampung Rambutan-Lebak Bulus

3. Pondok Labu-Blok M

Baca Juga: Tito Karnavian Terbitkan Inmendagri Kurangi Polusi, Minta Pemda Sering Siram Jalan hingga Swasta WFH

Daud menjelaskan, untuk rute Lebak Bulus-UI dalam sehari bus listrik bisa mengangkut hingga 8.000 penumpang. Kemudian rute kedua, ia sebut sangat strategis karena di daerah Fatmawati banyak permukiman penduduk.

Ia menilai rute Kampung Rambutan-Lebak Bulus ini memiliki pelanggan yang cukup besar karena wilayahnya yang baru berkembang.

"Pelanggannya cukup antusias karena wilayahnya juga baru berkembang, yaitu di sepanjang TB Simatupang yang banyak gedung perkantoran dan pusat perbelanjaan," ujar Daud.

"Dan di daerah Blok M adalah pusat perbelanjaan, simpul transportasi ke rute lainnya. TJ sendiri di Blok M menyediakan ke arah Kampung Rambutan, Kota, Pesanggrahan, Bintaro sehingga rute itu kami sudah prediksi dapat melayani jumlah yang signifikan," katanya. 

Baca Juga: KTT ASEAN 5-7 September, Berikut Rekayasa Lalin di 29 Ruas Jalan dan Rute Alternatifnya



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x