Kompas TV regional jawa tengah dan diy

HUT Jateng Berubah Jadi 19 Agustus, Ganjar Pranowo Jelaskan Sejarahnya

Kompas.tv - 19 Agustus 2023, 16:03 WIB
hut-jateng-berubah-jadi-19-agustus-ganjar-pranowo-jelaskan-sejarahnya
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat menjadi inspektur upacara Hari Ulang Tahun atau HUT ke-78 Jawa Tengah (Jateng) di Alun-Alun Brebes, Sabtu (19/8/2023). (Sumber: Laman Jatengprov.go.id)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

BREBES, KOMPAS.TV - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menjelaskan sejarah Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Jateng berubah dari semula 15 Agustus menjadi 19 Agustus.

Menurut penjelasannya, peringatan HUT Jateng bertepatan dengan dilantiknya gubernur pertama pada 19 Agustus 1945.

Hal ini disampaikan Ganjar saat memberikan amanat dalam upacara Hari Jadi ke-78 Jateng di Alun-Alun Brebes, Sabtu (19/8/2023).

“Akhirnya ketemulah, bahwa sejarah Jawa Tengah dimulai dari kepemimpinan Raden Panji Suroso Condronegoro. Beliau adalah gubernur pertama kita, yang dilantik pada 19 Agustus 1945,” kata Ganjar dalam keterangan tertulisnya, dikutip dari laman Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Pihaknya pun kemudian mengusulkan pengubahan Hari Lahir Jateng dari yang selama ini 15 Agustus 1950 menjadi 19 Agustus 1945.

Hal tersebut kemudian disetujui DPR RI melalui Pasal 2 UU Nomor 11 Tahun 2023.

Dengan pengungkapan sejarah itu, Ganjar berharap bisa menambah kebanggaan sebagai wong Jawa Tengah.

Menurutnya, menjadi sebuah kehormatan baginya telah turut terlibat dalam perkembangan Jawa Tengah, menyaksikan pertumbuhannya, serta semangat gigih masyarakatnya.

“Penghormatan kepada panjenengan itu harus saya sampaikan," ujarnya.

"Karena pada masa-masa awal menjabat dulu, banyak sekali yang menilai saya dan panjenengan semua, tidak akan pernah membuat Jawa Tengah maju dan berkembang. Tapi kita tidak ciut. Kita tidak gentar,” lanjutnya.

Baca Juga: Ganjar Temui Cak Imin di Jakarta Selatan, Beri Hadiah Burung Merah dan Hijau



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x