Kompas TV regional berita daerah
advertorial

HUT Ke-78 RI, Warga Belum Menikmati Listrik Dari PLN

Kompas.tv - 18 Agustus 2023, 16:04 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

SELAYAR, KOMPAS.TV - Memasuki usia ke 78 tahun kemerdekan republik indonesia, ribuan warga di pulau Kalaotoa, kabupaten kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan hingga kini belum menikmati listrik dari PLN.

Selama puluhan tahun, ribuan warga di pulau Kalaotoa, kabupaten kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan ini tidak pernah menikmati listrik dari PLN. Mereka hanya menggunakan lilin untuk penerangan di malam hari. Namun di tahun 2011 sejumlah warga baru mengetahui manfaat panel surya untuk kebutuhan listrik. Panel listrik dan genset menjadi andalan warga untuk kebutuhan listrik.

Namun harga BBM untuk genset dirasa sangat berat bagi warga. Sementara untuk penggunaan panel surya, warga kesulitan disaat memasuki musim penghujan, sehingga warga tidak dapat menikmati listrik.

Warga mengaku, untuk menikmatik listrik saat ini, hanya dapat mengandalkan genset dan panel surya. Pada tahun 2019, perusahaan listrik negara atau pln membangun sejumlah tiang listrik, namun hingga kini tidak dilanjutkan sehingga tiang ini tidak berfungsi.

 Meski kini hanya mengandalkan genset dan panel surya, namun warga masih kesulitan menikmati listrik, lantaran terkendala harga bbm dan musim penghujan. Mereka berharap agar pemerintah segera menyalurkan listrik ke pulau mereka sehingga mereka bisa menikmati listrik seperti masyarakat lainnya.

 

 

#pln
#hutke78
#spbu



Sumber : Kompas TV Makassar

BERITA LAINNYA



Close Ads x