Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Bendera Merah Putih 300 Meter Dibentangkan Di Atas Jalan Desa

Kompas.tv - 17 Agustus 2023, 14:53 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Menyambut HUT Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia, warga Desa Kulu, Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah membentangkan kain merah putih di atas jalan desa dengan ketinggian 4 meter, sepanjang 300 meter, dengan lebar 3 meter. Selain tampak indah pembentangan kain diharapkan menumbuhkan jiwa nasionalisme.

Proses pemasangan kain ini dilakukan masyarakat secara swadaya. Warga iuran dana untuk membeli kain, bambu dan cat kemudian pemasangan memakan waktu hingga dua minggu. Pembentangan kain merah putih ini mengandung filosofi bahwa merah putih harus senantiasa dijunjung tinggi dan menjadi payung masyarakat. Dari aksi ini diharapkan mampu menumbuhkan jiwa nasionalisme masyarakat Desa Kulu, tepat di HUT Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia.

"Ini adalah salah satu rasa syukur kita. Kita sudah hidup di era merdeka, dan ini adalah yang diperjuangkan para pahlawan," kata Edi, warga.

Pemerintah desa sebelumnya mewajibkan warganya untuk memasang bendera pada tiap rumah masing-masing. Pemerintah desa juga akan menilai dan memberikan hadiah kepada masyarakat yang memiliki kreasi dan inovasi terbaik dalam lomba ini. 

"Dengan harapan perdukuhan ini bisa menjadi mentor atau tolak ukur terhadap kegiatan-kegiatan yang tadi dibuat," ungkap Setyo Nimpuno, Kepala Desa Kulu. 

Selain pemasangan bendera dan pernak pernik warna merah putih, masyarakat Desa Kulu yang terdiri dari 5 dusun akan menggelar pasar jajan gratis selama 3 hari berturut-turut untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia.

#benderamerahputih #hutkemerdekaanke78ri #pekalongan 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x