Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Junjung Tinggi Netralitas, Kodam IV Diponegoro Siap Hadapi Pemilu 2024

Kompas.tv - 16 Agustus 2023, 14:06 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono menegaskan bahwa TNI terutama jajaran di bawahnya, akan selalu netral dalam pelaksanaan Pemilu 2024 nanti. Pihaknya juga siap menjaga keamanan selama berlangsungnya pesta demokrasi tersebut.

Usai menggelar bakti sosial dalam peringatan HUT RI yang ke-78 di Lapangan Parade Kodam IV Diponegoro, Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono mengatakan bahwa TNI akan menjaga masyarakat yang menggunakan hak pilih dalam Pemilu 2024 nanti, sebab tni tidak memiliki hak pilih dan wajib netral, sehingga situasi aman dan kondusif selama pelaksanaan pesta demokrasi tersebut.

Pihaknya juga menegaskan sudah siap menghadapi pelaksanaan Pemilu 2024. Widi juga mengaku sudah berkoordinasi dengan Polda Jateng dan Polda DIY dalam persiapan ini. Berbagai latihan mandiri maupun gabungan dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan. Pihaknya juga menjamin jajarannya dari Korem, Kodim hingga satuan tempur sudah siap.  

"Kita mengawal masyarakat yang menggunakan hak pilih, karena TNI tidak memiliki hak pilih, netral, kita menjaga cara yang sama dengan semua unsur. Kemudian kita menjaga situasi yang kondusif, dan situasi yang gembira, " ungkap Mayjen TNI Widi Prasetijono, Pangdam IV Diponegoro.

"Untuk kesiapan Kodam IV Diponegoro dalam menghadapi Pemilu 2024 ini, kita ketahui bersama sudah memasuki tahapan pemilu. Sekarang sudah memasuki eskalasi yang semakin meningkat, Kodam IV Diponegoro sendiri sudah melakukan rakor dengan Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah kemudian juga Polda DIY, tentunya kegiatan ini akan diteruskan dengan latihan-latihan untuk menghadapi hal-hal yang tidak diinginkan, " lanjutnya. 

Seperti diketahui, sejumlah tahapan Pemilu 2024 sudah dimulai tahun ini. Sementara pelaksanaan Pileg dan Pilpres 14 Februari 2024 dan Pilkada serentak akan dilaksanakan pada bulan November 2024. 

#kodamivdiponegoro #pemilu2024 #hutri



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x