Kompas TV regional jawa timur

Misteri Suara Dentuman di Sumenep, BMKG: Tidak Ada Gempa

Kompas.tv - 13 Agustus 2023, 21:45 WIB
misteri-suara-dentuman-di-sumenep-bmkg-tidak-ada-gempa
Warga saat menunjukkan salah satu sisi sumber suara dentuman misterius di Dusun Tengah, Desa Moncek Tengah, Kecamatan Lenteng, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Sabtu (12/8/2023). (Sumber: Polres Sumenep via Kompas.com)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memastikan tidak ada gempa yang terjadi saat suara dentuman terdengar di Sumenep, Jawa Timur, Sabtu (12/8/2023) kemarin.

"Hasil monitoring, tidak ada (gempa bumi)," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono dikutip dari Kompas.com, Minggu (13/8/2023).

Lebih lanjut, Daryono juga belum bisa memastikan berasal dari apa suara dentuman di Sumenep tersebut.

"Saya belum ke lokasi, jadi belum ada data," imbuhnya.

Sebelumnya, Kepala BMKG Kalianget Sumenep, Usman Holid, melaporkan bahwa suara dentuman tersebut baru pertama kali terjadi di Sumenep.

"Setahu saya baru kali ini ada fenomena (dentuman misterius) seperti itu di Sumenep," ujar dia.

Usman pun belum bisa memastikan penyebab suara dentuman itu karena masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan penyebab suara dentuman.

Dilansir dari Kompas.com, terdengar suara dentuman misterius dari bawah tanah Dusun Tengah, Desa Moncek Tengah, Kecamatan Lenteng, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Sabtu (12/8/2023) kemarin.

Salah seorang warga, Jazuli, mengaku mendengar dengan jelas suara dentuman itu sekitar pukul 09.45 WIB hingga 10.30 WIB.

Baca Juga: KPU Sumenep Temukan Bacaleg Daftar di Dua Partai Berbeda



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x