Kompas TV regional jabodetabek

Bayi Tertukar di Bogor, Pihak RS Sentosa Mengaku Siap jika Dipanggil Polisi

Kompas.tv - 12 Agustus 2023, 23:04 WIB
bayi-tertukar-di-bogor-pihak-rs-sentosa-mengaku-siap-jika-dipanggil-polisi
Ilustrasi bayi. Pihak Rumah Sakit (RS) Sentosa, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat mengaku siap memberikan keterangan jika dipanggil pihak kepolisian terkait dugaan bayi Siti Mauliah (37) yang tertukar. (Sumber: Fé Ngô on Unsplash)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pihak Rumah Sakit (RS) Sentosa, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mengaku siap memberikan keterangan jika dipanggil pihak kepolisian terkait dugaan bayi Siti Mauliah (37) yang tertukar.

Hal ini disampaikan Juru Bicara RS Sentosa Bogor Gregg Djako.

"Setelah kasus ini masuk ke ranah kepolisian tentunya RS siap apabila dipanggil dan kemudian memberikan keterangan," ujarnya dalam Sapa Indonesia Malam, Kompas TV, Sabtu (12/8/2023). 

"Karena memang dari awal kami sudah pernah bermediasi dengan ibu Siti dengan pengacaranya, juga pernah mempertemukan ibu Siti dengan Ibu B (terduga anaknya tertukar dengan bayi Siti)," imbuhnya.

Lebih lanjut, Gregg mengatakan atas kejadian tersebut, pihak RS pun akan melakukan evaluasi terkait SOP.

"Tentunya dengan kejadian ini, akan memperbaiki diri. Apa kira-kira yang perlu diperbaiki dalam SOP, tentunya RS akan melakukan itu. Karena apa pun ceritanya RS adalah lembaga kesehatan yang sifatnya lembaga publik," tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, Siti Mauliah, ibu asal Ciseeng, Kabupaten Bogor ini mengaku bayi laki-lakinya tertukar usai melahirkan di rumah sakit pada pertengahan 2022 lalu.

Pengacara Siti, Rusdy Ridho mengatakan, kliennya telah melaporkan kasus tersebut ke unit PPA Polres Bogor.

"Laporannya ya rumah sakit. Pihak yang bertanggung jawab. Saya buat aduan dan sampai sekarang belum ada kabar lagi dari pihak polisi, di unit PPA Polres Bogor," kata Rusdy, Kamis (10/8/2023), dikutip dari Kompas.com.

Terpisah, Kasi Humas Polres Bogor Iptu Desi Triana membenarkan ada laporan terhadap rumah sakit atas kasus bayi yang tertukar. Kini, pihaknya masih melakukan penyelidikan.

"Iya, surat baru masuk dan diterima PPA, jadi masih dalam proses penyelidikan serta pendalaman," singkatnya.

Adapun semua pihak yang terlibat akan diperiksa, termasuk dari pihak RS Sentosa.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x