Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Polemik Maba UIN Solo Diminta Daftar Pinjol, Rektor Ungkap Tujuan Dema Kerja Sama dengan Pinjol

Kompas.tv - 10 Agustus 2023, 11:32 WIB
polemik-maba-uin-solo-diminta-daftar-pinjol-rektor-ungkap-tujuan-dema-kerja-sama-dengan-pinjol
Sejumlah mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas Said Surakarta menggelar aksi untuk menolak pinjaman online atau pinjol dalam acara pengenalan budaya akademik dan kemahasiswaan tahun 2023. (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Rektor Universitas Islam Negeri atau UIN Raden Mas Said Surakarta Mudofir Widyodiningrat mengungkap alasan Dewan Mahasiswa atau Dema di kampusnya menjalin kerja sama dengan institusi pinjaman online atau pinjol.

Mudofir mengatakan berdasarkan keterangan Dema, mereka menjalin kerja sama sponsorship dengan lembaga pinjol untuk mengedukasi para mahasiswa baru atau maba agar tidak terjebak pinjol.

Penjelasan itu disampaikan terkait polemik para maba UIN Solo diminta mendaftarkan diri di aplikasi pinjol.

Adapun Dema UIN Solo mengatakan permintaan itu dilakukan karena pihaknya telah menjalin kerja sama sponsorship dengan lembaga pinjol tersebut untuk kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) dan festival budaya.

Mudofir menduga Dema UIN Solo terjebak dalam perjanjian atau ketentuan-ketentuan sponsorship tersebut.

"Menurut saya mereka itu terjebak, karena saat melapor saya, (Dema) bilang 'Pak kami ini ingin edukasi terkait pinjol,'" ujarnya dalam Sapa Indonesia Pagi KOMPAS TV, Kamis (10/8/2023).

"Jadi Dema melaporkan tujuannya untuk edukasi supaya mahasiswa tidak terjebak pinjol," sambungnya.

Menurut dia, ada kemungkinan Dema berencana menghadirkan narasumber untuk memberikan edukasi tentang pinjol.

"PBAK merupakan singkatan dari Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan, jadi setiap maba sebelum memulai masa perkuliahan, itu dikenalkan budaya akademik dan kemahasiswaan dengan menghadirkan sejumlah narasumber," jelas Mudofir.

"Nah mungkin dalam konteks ini Dema akan menghadirkan narasumber tentang edukasi pinjol, tapi kemudian terjadi peristiwa ini," imbuhnya.

Baca Juga: Polemik Maba UIN Surakarta Diminta Daftar Pinjol, Rektor: Dema Dibekukan, Ketuanya Dicopot



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x